Ukuran Celah Katup Panter 2,5 Turbo Agar Tarikan Tambah Jos

  • Whatsapp
 atau klep adalah komponen yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pada ruang bak Ukuran Celah Katup Panter 2,5 Turbo Agar Tarikan Tambah Jos

Katup atau klep adalah komponen yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pada ruang bakar. Katup yang ada pada mesin terdiri dari 2 jenis yaitu katup masuk ( intake ) dan katup buang ( exhaust ).

Pada mesin – mesin keluaran terbaru, katup sudah menggunakan penyetelan otomatis. Ini artinya celah katup tidak memerlukan penyetelan ulang pada setiap service. Sedangkan pada mesin – mesin terdahulu, mekanisme ini belum ada sehingga celah katup harus selalu diukur kembali saat melakukan service.

Read More

Celah katup yang tidak tepat akan sangat berdampak terhadap kinerja mesin, tak terkecuali tenaga yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu mengetahui nilai pasti celah katup itu sangat penting untuk jenis katup yang memerlukan penyetelan,.

Terkhusus pada mobil Pantrer 2500 CC Turbo, mesin ini masih menggunakan mekanisme penyetelan katup. Karenanya ini harus dilakukan penyetelan ulang untuk mendapatkan tarikan tenaga mesin yang maksimal.

Dikutip dari laman grup pengguna Panther yang dibagikan oleh seorang pemilik bahwa celah katup terbaik yang ia terapkan di kendaraan Panther 2500 CC Turbo yaitu katup masuk ( intake ) 0,37 mm, sedangkan ukuran celah katup buang ( exhaust ) yaitu 0,40 mm.

Dari hasil yang beliau terapkan, putaran mesin menjadi lebih halus dan suara bantingan klep menjadi lebih minim. Bukan hanya itu, ternyata mesin tidak mengalami kendala pada putaran rendah dan tinggi. Untuk menyalip pada saat tanjakan juga terasa lebih ringan.

Sebelumnya, beliau menerapkan ukuran katup masuk 0,40 mm dan katup buang 0,40 mm yang menghasilkan suara bantingan klep lebih kasar sehingga getaran mesin lebih terasa. Dampak negatifnya, saat tanjakan kendaraan terasa lebih ngeden.

 atau klep adalah komponen yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pada ruang bak Ukuran Celah Katup Panter 2,5 Turbo Agar Tarikan Tambah Jos

Bagi anda yang sudah mempunyai basic cara menyetel klep maka anda bisa melakukannya dirumah dengan mekanisme penyetelan klep pada umumnya.

Namun bagi yang belum paham, maka penyetelan klep dilakukan dengan menggunakan alat ukur celah Feeler gauge. Alatnya seperti pada gambar dibawah ini.

 atau klep adalah komponen yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pada ruang bak Ukuran Celah Katup Panter 2,5 Turbo Agar Tarikan Tambah Jos

Oh ya, ukuran yang tertera pada feeler adalah nominal genap ( 0,1  ,  0,15  , 0,20 , 0,25 dst ) nah ukuran 0,37 itu tidak terdapat pada feeler gauge. Sehingga pada nominal ukuran tersebut anda bisa menggunakan feeling seperti pengalaman yang dibagikan oleh pemilik. Caranya, buatlah celah yang tidak bisa bisa dimasukkan oleh ukuran 0,35 mm tidak bergesek  namun tidak bisa dimasukkan oleh ukuran 0,40 mm.

Jika ada yang belum paham mekanisme penyetelan katup, gunakanlah metode  umum yang sering digunakan yaitu :

  • TOP 1 ( silinder 1 Ex dan In , Silinder 2 In dan Silinder 3 Ex )
  • TOP 4 ( Silinder 2 Ex , Silinder 3 In dan Silinder 4 Ex dan In )

Demikianlah penjelasan dari kami, semoga anda bisa mencobanya dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *