Tips Mengurangi Lelah Dan Ngantuk Saat Mengemudi

  • Whatsapp
Tips mengurangi lelah dan ngantuk saat mengemudi Tips Mengurangi Lelah Dan Ngantuk Saat Mengemudi
Tips mengurangi lelah dan ngantuk saat mengemudi

Melakukan perjalanan pendek mungkin anda tidak akan mengalami lelah dan ngantuk yang sangat mengganggu dalam berkendara. Namun apa jadinya jika hal ini terjadi bagi anda yang harus menempuh perjalanan diatas 2 jam atau bahkan berhari – hari karena aktifitas yang tidak terlalu sering seperti pulang kampung saat lebaran atau keperluan lain. Tentunya ini harus kita sikapi dengan bijak dan trik yang kita lakukan agar terciptanya perjalanan yang aman dan nyaman dengan kondisi badan yang fit.

Sebaik dan secanggih apapun teknolgi yang tertanam pada kendaraan yang anda gunakan, tidak akan berpengaruh besar akan keselamatan dalam berkendara  jika memang pengemudinya yang salah. Oleh sebab itu, faktor manusia ( human eror ) menjadi salah satu faktor penyumbang terbesar akan kecelakan dalam berlalintas.

Read More

Sebagai cotoh pada triwulan pertama  tahun 2017 terjadi kecelakaan dijalan tol sebanyak 337 kecelakaan. Faktor  kecelakaan terbesar pada jalan tol adalah faktor pengemudi ( human eror ) akibat kelelahan, ngantuk dan  kurang konsentrasi dengan jumlah 265 kecelakaan.

Sedangkan faktor teknis seperti rem blong dan ban pecah mengakibatkan 67 kecelakaan. Sisanya 5 kecelakaan diakibatkan karena faktor lingkungan seperti kabut, hujan deras dan lain sebagainya.

Adapun tips mengurangi lelah dan ngantuk saat berkendara adalah sebagai berikut :

  • Berkendara hanya pada waktu dimana kita terbiasa bangun ( siang atau sore )
  • beristirahatlah dan berolahraga ringan setiap 2 jam perjalanan, lebih sering dilakukan jika mengemudi dimalam hari
  • jangan berkendara dibawah pengaruh alkohol atau obat-obatan
  • hindari makanan berlemak yang berlebih saat akan berkemudi. Makanlah makanan ringan ( snack, biskuit, buah, coklat atau roti dan lain-lain )
  • jangan bergantung pada Caffein atau stimulant lain. Dimana ini hanya akan membuat kita terjaga, namun tidak dapat mengatur konsentrasi dan reaksi dengan baik pada tubuh kita
  • selalu gerakkan mata dan tumit kaki agar peredaran darah menjadi lancar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *