Photo – Photo Mobil 4WD Melewati Ganasnya Medan Perbatasan Indonesia – Malaysia

  • Whatsapp

Mobil 4 WD ( Four Wheel Drive ) adalh mobil dengan penggerak seluruh roda ( 4 roda ). Namun demikian jenis mobil ini bisa juga diatur hanya dengan penggerak 2 roda saja.  Tidak sah rasanya  jika harus melewati jalanan yang terjal hanya dengan 2 penggerak saja, itu akan sangat menyulitkan. Maka mengaktifkan mode 4WD adalah pilihan yang tepat untuk melibas medan  jalan yang rusak parah.

Mobil jenis ini banyak digunakan oleh para pekerja tambang dan juga mode transportasi di pedalaman – pedalaman atau batas Negara yang memang mempunyai kontur jalan yang jelek, rusak dan terjal. Dengan menggunakan jenis mobil 4WD, kondisi medan terjal akan lebih mudah dilewati. Gabungan putaran roda depan dan roda belakang akan membantu kendaraan untuk melintasi medan yang berat.
Baru – baru ini salah seorang pemilik mobil 4WD memperlihatkan bagaimana ganasnya jalan – jalan diperbatasan Indonesia dengan Malaysia. Dimana mobil yang dikendarainya harus melewari beragam medan yang sangat berat. Lokasinya tepat berada di Malinau Kalimatan Utara yang langsung berbatasan dengan Negara Malaysia. Dari keterangan beliau bahwa Hampir semua jenismerek mobil yang berpenggerak  ke  4WD mengalami kendala yang sama yaitu beratnya melewati jalanan yang rusak. 
Jalanan rusak didaerah perbatasan memang sebagian tidak dilakukan perbaikan, ini sebagai salah satu cara  bagi kedua Negara sebagai upaya agar tidak mudahnya masyakarat lalu lalang masuk dan keluar dari kedua Negara. Walaupun sebenarnya jalan yang bagus dan baik juga tersedia dan dibangun oleh Negara.
Tanjakan yang terjal dan kontur jalan yang licin akan sangat memberatkan bagi kendaraan yang melintasinya. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, mobil 4WD pun harus menyerah dengan ganasnya tanjakan yang harus dilalui.

Read More

Tak jarang mobil – mobil ini pun harus terperangkap pada kubangan lumpur yang dalam. Pengemudi dan tim harus memliki cara – cara luar biasa dengan kondisi seadanya agar kendaraan bisa keluar dari kubangan dan tetap bisa berjalan hingga pada lokasi yang dituju. 

Sudah bukan seperti jalan, melainkan mirip dengan persawahan. Namun demikian ini harus dilewati dengan beragam resiko yang menanti. 
Beratnya medan yang dilalui mengakibatkan seringnya mobil 4WD mengalami terbalik. Jika ini terjadi, tidak ada  solusi lain untuk mengatasinya selain menggunakan alat berat. 
Mobil ini mengalami terbalik hingga 3 kali yang mengakibatkan bagian atasnya hancur. Ini sudah menjadi hal biasa bagi mereka. 
Setelah melihat photo – photo diatas, maka kita mengathui betapa beratnya perjuangan bagi para pelau moda transportasi dipedalaman. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *