Perbandingan Transmisi Otomatis Dengan Transmisi Manual, Kamu Pilih Mana ?

  • Whatsapp

Sebelum membeli sebuah kendaraan yang kita butuhkan, alanglah lebih baiknya kita mengetahui jenis kendaraan yang sesuai tersebut dan apa jenis transmisi yang digunakan pada kendaraan tersebut. Ada dua jenis transmisi yang harus kita ketahui, yang pertama jenis transmisi manual dan yang kedua jenis transmisi automatic. Jadi memutuskan mana mobil yang akan dibeli itu penting  namun kita juga harus  mengetahui perbedaan antara transmisi manual dengan transmisi jenis automatic.

Perbedaan yang paling signifikan diantara kedua transmisi itu bahwa pada transmisi manual seorang pengemudi harus menggunakan kopling saat pemindahan kecepatan ( gigi ) sedangkan pada sebuah mobil transmisi automatic tidak ada kopling saat  perpindahan giginya, ini  dilakukan secara automatis dengan basic kecepatan pada kendaraan tersebut. Ini adalah sebuah perbedaan mendasar mengapa disebut transmisi automatic sedangkan yang lainnya transmisi manual.

Read More

Soal penggunaan bahan bakar, menggunakan sebuah transmisi manual lebih irit dibanding menggunakan transmisi automatic yang sedikit lebih boros. Ini adalah pertimbangan penting ketika kita mengambil keputusan pembelian mengenai jenis mobil yang akan dibeli. Mobil otomatis pengeluaran jauh lebih besar karena konsumsi bahan bakar lebih besar.

Ketika kita memilih menggunakan transmisi manual maka akan memberikan kita selalu mengontrol kecepatannya secara manual dengan memindahkan gigi percepatannya dan ini akan membuat tangan dan kaki cepat capek dan lelah. Sedangkan transmisi otomatis kita tidak perlu berlelah – lelah memindahkan percepatan gigi dan meminjak kopling, sehingga lebih mudah dan nyaman dalam dalam berkendara.

Selain perbedaan diatas, ada juga perbedaan harga diantara keduanya. Mobil dengan transmisi manual akan dijual lebih murah dibanding dengan mobil sejenis yang menggunakan transmisi automatic. Harga yang mahal pada transmisi automatic akan berbanding lurus dengan biaya perawatannya.

Pada transmisi manual, akan tertuliskan angka – angka kecepatannya pada ujung tuasnya. Angka – angka ini tergantung dari banyaknya percepatan yang dimilikinya. Contohnya 6 percepatan, maka akan tertulis 1, 2, 3, 4, 5 , 6 dan R ( reverse ) atau gigi mundur. Sedangkan pada transmisi automatic angka – angkanya berbeda, yaitu  P ( Parkir ), N ( Netral ), D ( Drive ), 1 dan 2.

Mobil dengan transmisi manual lebih irit secara rata-rata. Namun mobil bertransmisi automatic lebih populer dan banyak yang membeli dibanding mobil bertransmisi manual.

Jadi kesimpulannya adalah

1. Pada transmisi manual, pengemudi menggunakan kopling untuk mengganti percepatan gigi, sedangkan mobil otomatis perpindahan percepatan secara otomatis berdasarkan kecepatan mesin

2. Mobil transmisi manual menggunakan bahan bakar lebih irit  dari pada mobil otomatis

3. Pada  transmisi manual, pengemudi memiliki kontrol yang lebih besar terhadap mobil dari pada transmisi otomatis, di mana keputusan untuk mengganti persneling diambil oleh mobil

4. Mobil dengan transmisi automatic  lebih mudah dan nyaman untuk dikendarai

5. Mobil manual lebih murah dari pada mobil yang sama dengan transmisi otomatis; Sedangkan biaya perbaikan dan perawatan jauh  lebih besar untuk mobil automatic

6. Dalam transmisi manual, pengemudi bertanggung jawab untuk mengganti persneling dan banyak konsentrasi diperlukan; kedua kaki dan tangan diperlukan untuk menggerakkan mobil. Sedangkan mobil transmisi otomatis roda gigi berubah secara otomatis dan kaki kiri bebas saat mengemudi

7. Mobil transmisi otomatis lebih populer dan dibeli lebih banyak dari rata-rata daripada mobil transmisi manual.

Artikel diterjemahkan dari : diffrencebetween

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *