Perasaan Stir Kemudi Menarik Ke Kiri, Normal Kah ?

  • Whatsapp

Sebenarnya ini masalah tidak terlalu penting, mengapa karena memang ini hanya sebuah faktor yang memang bisa jadi bukan faktor kerusakan teknis pada kendaraan melainkan faktor lain. Apakah itu ?

Sebelum saya membahas mengenai hal ini, saya akan bercerita bahwa ternyata banyak para customer baru ( yang baru bisa mengendarai mobil ) khususnya  hampir rata – rata perempuan ketika datang ke bengkel mengeluhkan bahwa stir kendaraannya terasa narik ke sebelah kiri. Biasanya sih, langsung nyuruh “coba deh mas periksakan stir mobil saya, kok terasa menarik ke kiri ya ?”.

Read More

Ini bukan satu atau dua orang saja yang mengeluhkan hal ini. Sebagai SOP perbaikan, walau memang sudah tahu akan masalah  tersebut, kami tetap melakukan test drive untuk mengetahui lebih pasti apakah memang faktor kerusakan pada komponen atau hanya perasaan saja.

Keluhan seperti ini memang bukan sebagai pekerjaan service yang utama, melainkan tambahan. Karena memang biasanya mereka ( customer ) yang datang untuk service berkala dengan keluhan tambahan stir kemudi yang terasa menarik ke kiri.

Setelah semua item service utama dikerjakan, kami pun memeriksa setiap komponen – komponen yang berkaitan dengan sistem steering ( FWA / Front Wheel Alighment ). Diawal memang sudah bisa kami pastikan bahwa bukan kerusakan yang terjadi melainkan hanya perasaan. Lho kok bisa ? jadi perlu anda ketahui bahwa hampir semua jalan raya yang ada di negara kita itu dibuat dengan bentuk miring ke kiri. Fungsinya agar ketika hujan, air tidak tergenang di tengah, melainkan mengalir ke bahan jalan. Walaupun secara kasat mata, kemiringan ini tidak terlihat oleh kita. Namun akan sedikit terasa jika kita mengendarai kendaraan.

Memang ini bukan sebuah patokan uintuk menentukan kerusakan pada siste steering. Hal diatas banyak terjadi pada pengendara – pengendara baru dan yang menggunakan mobil – mobil baru, pemakaian yang masih 1 tahun. Tetapi, jika mobil lama, anda patut harus memeriksa semua komponen yang berkaitan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *