Peralatan Yang Sering Digunakan Oleh Para Mekanik Otomotif

  • Whatsapp

Memiliki peralatan yang lengkap bagi seorang mekanik mobil adalah sebuah kebanggaan, ini karena dengan lengkapnya perlengkapan akan memudahkan dalam proses pengerjaan. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya tidak terlalu lama dan lebih efisien.

Lain lagi dengan lembaga – lembaga pendidikan atau pelatihan yang berkaitan dengan bidang otomotif, kelengkapan alat – alat akan membantu dan mendorong siswa untuk cepat memahami setiap fungsi alat dan cara pemakaiannya. Bagusnya lagi, mereka akan cepat mengenal dan lebih mudah menyelesaikan setiap pekerjaan. Oleh karena itu, perlengkapan dibidang otomotif haruslah lengkap, agar mudah dalam menangangi setiap kesulitan pekerjaan yang terjadi.

Read More

Namun tekhusus untuk alat ukur, kami telah membahasnya pada artikel sebelumnya seperti :
alat ukur mekanik yang digunakan pada bidang otomotif 
alat ukur elektronik yang digunakan pada bidang otomotif, dan
alat ukur pneumatic yang digunakan pada bidang otomotif

Peralatan yang sering digunakan pada bidang otomotif pun beragam macam bentuknya. Dan pada artikel ini kami akan membahasnya dan bidagi menjadi  beberapa klasifikasi sesuai dengan fungsinya.

A. Kunci- Kunci

1. Kunci Pas

Kunci pas adalah peralatan wajib yang harus dipunyai oleh para mekanik. Ini karena fungsi kunci pas yang paling sering digunakan untuk membuka atau mengencangkan baut dan mur. Yang perlu diketahui pemakaiannya adalah bahwa kunci pas hanya bisa digunakan untuk melepas baut yang sudah kendor ( tidak teralu kencang ) dan mengencangkan baut dan mur dengan kekuatan sebatasnya saja. Ini bertujuan agar kepala baut atau mur tidak slek, karena daya cengkram kunci pas yang tidak merata kesemua sisi.

2. Kunci Ring

Fungsi kunci ring lebih baik dibanding dengan kunci pas secara cengkraman. Kunci ini bisa digunakan untuk awal pembukaan atau mengkahiri pengencangan baut dan mur. bentuk cengkraman kunci ring terbagi 2 yaitu double hexagonal ( segi 12 ) dan hexagonal ( segi 6 ).

3. Kunci Sock

Kunci sock diguankan untuk membuka baut atau mur yang biasanya tidak bisa dibuka dengan menggunakan kunci pas dan ring. Bisa karena lokasi baut dan mur yang berada pada sebuah lubang atau konstruksi yang tidak memungkinkan. Baiknya lagi, rachet pada kunci sock dapat mempercepat pembukaan dan pengencangan baut/mur sehingga lebih efisien.

4. Kunci L

Fungsi kunci L tidak bisa digantikan dengan kunci yang lain. Sehingga ketika menjumpai baut dengan kepada kunci L maka kita harus membukanya dengan kunci L. Oleh karena itu kunci ini wajib harus ada untuk mempermudah pekerjaan.

5. Kunci Roda

Kunci roda berfungsi untuk membuka roda. Bentuk kunci roda ada 2 macam yaitu silang empat dan bentuk L. Keduanya mempunyai fungsi yang sama hanya dimensinya yang berbeda.

6. Kunci Inggris


Kunci inggris adalah kunci yang memliki fungsi ganda yang mana rahangnya dapat berubah – ubah sesuai dengan keinginan kita. Biasanya kunci inggris digunakan untuk membuka mur yang memiliki ukuran besar dengan kekecangan yang rendah. 

B. Tang 

1. Tang Kombinasi

Tang kombinasi mempunyai fungsi ganda, selain bisa membantu dalam memutar atau melepas benda juga bisa sebagai pemotong. 

2. Tang Potong

Tang potong memang dikhususkan hanya untuk memotong. Biasanya oleh mekanik digunakan untuk memotong kabel atau kawat dan sejenisnya.

3. Tang Lancip

Tang lancip digunakan untuk memutar atau melepas benda yang berada pada lokasi yang sempit atau mempunyai bentuk yang tidak bisa dilepas menggunakan tang kombinasi.

4. Tang Kuat

Berbeda dengan kedua jenis tang diatas, tang kuat adalah jenis tang yang mempunyai daya cengkram kuat ( daya jepit ). Ini karena memang mekanisme tang kuat yang dapat distel sesuai dengan besar kecilnya benda yang akan dijepit.

C. Obeng

1. Obeng Plus

Obeng plus atau orang sering menyebutnya sebagai obeng bunga. Jenis obeng ini digunakan untuk membuka dan melepas skrup. Secar bentuk, jenis obeng ini ada yang pendek, sedang dan panjang. Selain itu biasanya pada ujung obeng juga terdapat gaya magnet yang memudahkan mekanik saat melepas atau memasang.

2. Obeng Minus

Obeng minus  atau orang sering menyebutnya sebagai obeng biasa. Jenis obeng ini digunakan untuk menyetel. Secar bentuk, jenis obeng ini ada yang pendek, sedang dan panjang. Selain itu biasanya pada ujung obeng juga terdapat gaya magnet yang memudahkan mekanik saat melepas atau memasang.

3. Obeng Magnet

Obeng magnet adalah obeng yang memiliki bentuk fleksibel pada batangnya dan mempunyai magnet pada ujungnya. Fungsi obeng ini adalah untuk mengambil benda logam kecil yang jatuh pada lokasi yang semp


D. Palu

1. Palu Baja

Palu besi atau palu baja adalah jenis palu yang paling keras dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Penggunaan jenis palu ini digunakan untuk memukul komponen agar terlepas. Penggunaannya pun juga harus hati-hati, biasanya mekanik menggunakan kain lap untuk melapisi bagian ujungnya untuk mencegah percikan logam yang terlepas.

2. Palu Plastik

Palu plastik adalah palu yang terbuat dari bahan plastik. Palu ini digunakan untuk memukul komponen – komponen yang terbua dari plastik.

3. Palu Karet

Palu karet adalah palu yang terbuat dari karet. Fungsi palu inin digunakan untuk meratakaan atau memasukkan komponen yang tidak terlalu keras.

E. Perlengkapan Pendukung

1. Baki

Baki adalah sejenis tampan yang berfungsi sebagai wadah komponen – komponen kecil yang terlepas. Seperti pada gambar diatas, baki dilapisi oleh magnet pada bagian bawahnya agar komponen yang terbuat dari besi bisa merekat.

2. Dongkrak

Fungsi dongkrak adalah untuk menaikkan dan menurunkan kendaraan. Saat ada pekerjaan melepas dan memasang ban maka mekanik membutukan ini. Selain itu pengerjaan pada bagian bawah mobil

3. Jack Stand

Jack stand berfungsi sebagai penyangga mobil yang suda terangkat. Penggunaannya pun mudah, kita tinggal menyetel ketinggiannya saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *