Penyetelan Dan Pemasangan Pada Diffrential ( Gardan )

  • Whatsapp
Pastikan semua komponen pada diiffrential dalam keadaan bersih sebelum penyetelan

Setelah anda melakukan pembongkaran diffrential, maka lakukanlah pembersihan semua komponen – komponen yang sudah terlepas. Gunakan cairan seperti bensin atau sejenisnya untuk menghilangkan oli yang menempel pada setiap komponen.

Setelah sudah dipastikan semua komponen yang terlepas bersih, selanjutnya adalah melakukan analisa kerusakan. Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk menganalisa kerusakan pada setiap komponen. Cara paling mudah adalah dengan Visual, melihat konidisi komponen apakah ada yang aus, retak atau sejenisnya. Namun, jika dengan cara Visual anda belum yakin, maka cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengukuran komponen yang hasilnya nanti bisa dibandingkan dengan nilai standart pada buku manual book ( buku perbaikan ).

Read More

Setelah semunya selesai, maka langkah  terakhir sebelum pemasangan adalah menyetel setiap komponen sesuai sesuai dengan nilai standart yang ada pada buku perbaikan. Adapun langkah – langkah penyetelan pada diffrential adalah sebagai berikut :


1. Penyetelan ketinggian Drive Pinion

Fungsinya : 
Untuk mendapatkan perkaitan gigi antara drive pinion dengan ring gear yang baik. Yaitu berada di tengah – tengah permukaan gigi ring gear.

Caranya :
Dengan menambah atau mengurangi ketebalan washer yang terletak diantara pinion drive gear dan bearing dalam drive pinion.

2. Penyelan Ketinggian Drive Pinion


3. Penyetelan Freeload Bearing Drive Pinion
Fungsinya :  
Untuk mendapatkan penekanan bearing drive pinion yang benar ( tidak terlalu berat maupun ringan ).
Caranya : 
Dengan menambah atau mengurangi ketebalan shim yang terletak diantara bearing dalam,spacer dan bearing luar drive pinion 
Jika jarak antara bearing luar dan bearing dalam drive pinion semakin panjang, maka preload bearing akan semakin kecil, dan jika semakin pendek maka preload semakin besar.

4. Pengukuran Freeload Bearing Drive Pinion
Urutan kerjanya  :  
a. Pasang shim pada drive pinion
b. Pasang drive pinion pada carrier
c. Pasang bearing depan, companion flange & ring pelat
d. Keraskan mur pengunci sesuai dengan spesifikasi
e. Putar companion flange ke kiri dan kekanan agar bearing benar – benar duduk
f. Lakukan pengukuran preload bearing
Catatan   :  
Sebelum bearing drive pinion dipasangkan, lumasi terlebih dahulu dengan oli drifferential.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *