Penyebab Bau Plastik Terbakar Pada Mobil

  • Whatsapp

Bau wangi dengan udara yang segar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan dalam kerkendara. Karena hal ini akan menimbulkan sensasi berkendara yang baik yang akan berdampak pada pengemudi dalam mengendalikan kendaraannya. Maka wajar jika hari ini banyak jenis – jenis parfum pada mobil yang bisanya ditempelkan pada lubang AC untuk mendapatkan wewangian dan menimbulkan rasa nyaman dalam berkendara.

Nanum ada jadinya jika ternyata mobil kita mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini akan sangat mengganggu dan tidak memberikan rasa nyaman. Selain itu, juga akan timbul rasa was-was terhadap keselamatan kendaraan kita. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai 4 jenis bau terbakar pada mobil dan bagaimana mengatasinya.

Read More

Salah satu bau tidak sedap yang timbul pada mobil kita adalah  bau plastik terbakar. Bau ini memang tercium seperti halnya plastik yan terbakar. Jadi jika hal ini terjadi pada mobil, maka kemungkinan besar terjadi pada komponen – komponen plastik yang terbakar akibat menerima panas yang berlebih. Oleh karena itu ada beberapa hal yang mengakibatkan timbulnya bau plastik terbakar pada mobil.

# 1. Bau dari  Heater AC 

 Bau wangi dengan udara yang segar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan d Penyebab Bau Plastik Terbakar Pada Mobil
Bau berasal dari heater AC

Ini bisa saja terjadi akibat dari banyaknya debu yang nempel pada bagian pemas AC atau komponen lain yang menempel. Lakukanlah pembersihan komponen – komponen AC secara teratur dan periksa setiap komponen yang ada.  Orang sering menemukan kantong plastik dan benda-benda lain yang tersangkut di mesin, menyebabkan masalah yang membuat mobil itu bau seperti plastik terbakar.

Namun, mungkin pemanas itu sendiri rusak dan sistem pendingin  bocor ke ventilasi. Ini juga bisa menyebabkan bau. Lebih buruk lagi, beberapa bagian pemanas bisa rusak atau meleleh yang  menimbulkan bau. Biasanya terjadi pada motor pemanas. Jika baunya bertambah kuat dan Anda tidak menemukan puing-puing yang menempel di ventilasi, segera bawa mobil Anda ke montir. Pergilah ke spesialis AC jika hal ini terjadi, pembukaan komponen AC tidak dapat dilakukan secara sendiri. Periksalah pemanas diperiksa bersama dengan bagian yang dicurigai lainnya. Solusinya  Saringan udara dibersihkan atau diganti jika ada. Menggunakan produk anti-bakteri untuk ventilasi dan memeriksa pemanas, saluran bahan bakar untuk setiap kebocoran.


# 2. Kompone Listrik Yang Meleleh 

 Bau wangi dengan udara yang segar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan d Penyebab Bau Plastik Terbakar Pada Mobil
Komponen listrik meleleh

Penyebab utama bau terbakar dari mobil adalah korsleting listik pada komponen kelistrikan. Lapisan plastik pada kabel, sekering, atau komponen kelistrikan  lain dapat menghasilkan bau. Jadi baunya sama dengan bau plastik terbakar. Ini terjadi biasanya karena penggunaan kabel ataupun sekering yang tidak sesuai dengan beban arus yang melewatinya. Solusinya, segeralah perbaiki atau ganti komponen yang meleleh tersebut. Jika hal ini tetap terjadi walau sudah diperbaiki, bawalah ke bengkel terdekat. Sistem kelistrikan yang menggunakan komputer memerlukan perbaikan khusus dengan alat tersendiri.

#3. Bau Dari Kolong Mobil

 Bau wangi dengan udara yang segar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan d Penyebab Bau Plastik Terbakar Pada Mobil
Plastik terbakar pada knalpot

Seperti kita ketahui diawal bahwa bau plastik terbakar akibat dari komponen – komponen plastik yang menerima beban panas berlebih. Jika kita berpikir tentang point ke 3 ini, maka mustahil ada komponen plastik yang berada bagian kolong mobil. Jika pun ada, tidak ada komponen yang menghasilkan panas berlebih kecuali knalpot.

Walau terkadang sepele, namun ini bisa saja terjadi akibat kantong plastik yang menempel pada pipa kenalpot. Sangat jarang terjadi, namun kita juga harus jeli jika bau plastik terbakar berasal dari kolong mobil. Segeralah lihat kebawah dan periksa, jika ini terjadi pada mobi, cukup mudah bagi anda untuk melepaskan kantong plastik yang menempel pada pipa kenalpot.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *