Penjelasan Jenis – Jenis Bendera Yang Digunakan Pada Balap Mobil F1

  • Whatsapp

Bendera pada arena balap F1 menjadi komponen penting yang tidak akan pernah hilang. Beragam fungsi dan pemberitahuan menjadi faktor yang hingga sampai saat ini masih digunakannya pada setiap balapan. Pengibarannya yang dilakukan secara manual oleh Marshall menjadi pertanda bagi setiap pembalap ataupun penonton tentang sesuatu yang terjadi pada balapan tersebut.

Marshall ada dibeberapa titik sekitar sirkuit balap yang memang bertugas untuk mengibarkan bendera . Pengibaran bendera bukanlah sembarangan, melainkan harus melihat kondisi yang ada yang nantinya akan dikibarkan bendera dengan warna tertentu yang mempunyai maksud berbeda-beda pada setiap warna bendera.

Read More

Kecepatan mobil F1 yang sangat kencang terkandang menyebabkan pengemudi tidak melihat tentang bendera yang sedang dikibarkan oleh Marshall. Namun hal ini telah diatasi dengan adanya sebuah perangkat elektronik pada setiap kokpit mobil f1 yang bernama Marshall GPS. Alat ini akan memberikan informasi kepada pembalap tentang bendera yang dikibarkan oleh Marshall dengan bentuk warna bendera. Pembalap yang menerima informasi ini adalah mereka yang melewati lintasan balap yang terpengaruh oleh pengibaran bendera tersebut. Sistem ini akan membantu pembalap untuk menerima informasi terkini tentang kondisi balap saat itu lebih efektif.

Banyaknya warna pada bendera pasti membuat sebagian dari kita bingung, oleh karenaya kami akan menjelaskan jenis-jenis bendera yang digunakan pada balap mobil Formula 1.

#1. Bendera kotak-kotak

Bendera kotak – kotak berwarna hitam putih ini memberikan informasi kepada para pembalap bahwa waktu balapan sudah selesai. Bukan hanya dipakai pada waktu balapan, pada sesi latihan dan kualifikasi juga dikibarkan pada waktu yang sama. Ia juga dikibarkan ke setiap mobil yang sudah melewati garis finis.

#2. Bendera kuning

Bendera ini dikibarkan untuk menandakan bahwa sedang ada masalah pada jalur linatasan, biasanya seperti mobil yang berhenti pada linatasan atau kejadian serupa yang dapat membahayakan pembalap dibelakangnya. Satu kali kibaran bendera kuning memperingatkan pembalap untuk memperlambat kecepatan, sementara jika dua kali kibaran maka pembalap harus meperlambat kecepatan dan siap untuk berhenti. Pada kondisi ini, para pembalap dilarang untuk menyalip.

#3. Bendera hijau


Bendera hijau dikiabrkan setelah bendera kuning, maksudnya jika terjadi sesuatu pada linatsan dan sudah dapat teratasi dengan baik maka Marshal akan mengibarkan bendera hijau yang menadakan bahwa bahaya dan larangan pada bendera kuning terlah dicabut.

#4. Bendera merah


JIka bendera merah dikibarkan, maka sesi balapan telah selesai pada waktu yang tidak tepat. Ini biasanya ketika terjadi kecelakan ataupun kondisi lintasan yang membahayakan.

#5.Bendera biru


Bendera biru dikibarkan kepada mobil didepan yang akan dilewati oleh mobil dibelakangnya ( mendahului ). Pada kondisi ini, mobil didepan harus memberikan jalan kepada mobil dibelakangnya untuk mendahuluinya. Jika sudah melewati tiga Marshall dengan kibaran bendera biru masih tetap tidak memberikan jalan kepada mobil dibelakangnya, maka ia akan dikenakan hukuman.  Seliain itu, pada jalur keluar pit line juga terpasang lampu biru yang memperingatkan pengemudi bahwa untuk sedikit menunggu mobil – mobil yang sedang melaju dengan dengan kecepatan tinggi.


#6. Bendera bergaris kuning dan merah


Bendera ini dikibarkan untuk memperingatkan kepada para pembalap bawha lintasan sedang dalam kondisi licin atau cuaca yang membahayakan. Ini biasanya karena tumpahan minyak ataupun genangan air pada waktu hujan serta kabut yang menebal.

#7. Bendera Hitam dengan  lingkaran oranye di tengah




Pengibaran bendera ini akan disandingkan dengan nomor mobil pembalap, ini dikibarkan kepada para pembalap bahwa sedang terjadi masalah mekanis dengan mobilnya. Jika hal ini terjadi, maka pembalap harus segera mengarahkan mobilnya kearea pit stop untuk memeriksa kerusakan yang sedang terjadi.

#8. Setengah bendera hitam, setengah putih


Bendera ini juga akan disandingkan dengan nomor mobil, diberikan kepada pembalap yang dinilai tidak sportif dalam menjalani bapalan.

#9. Bendera hitam


Bendera hitam adalah hukuman lanjutan dari pengibaran bendera setengah hitam, setengah putih. Jika bendera ini dikabarkan, maka pembalap yang tertera nomor mobilnya pada bendera tersebut harus segera kembali ke pit-nya yang menandakan bahwa ia telah dihukum dan dikeluarkan dari arena balapan karena dinilai tidak sportif. Ia harus segera kembali ke pit-nya.

#10. bendera putih


Memperingatkan kepada pembalap, bahwa ada mobil yang bergerak lambat pada jalurnya.

Demikian penjelasan mengenai jenis – jenis bendera yang digunakan pada aturan bapalan mobil formula 1.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *