Pemeriksaan Kondisi Pedal Rem Mobil

  • Whatsapp

Pemeriksaan kondisi pedal rem mobil harus sering dilakukan, ini karena memang ketinggian pedal rem semakin lama dipakai maka ketinggiannya akan semakin rendah. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya adalah gaya tekan yang diterima berulang-ulang dari injakan pengemudi dan jumlah volume minyak rem yang mulai berkurang.

Ketinggian pedal rem yang tidak sesuai dengan standar ukuran pabrik akan menyebabkan seorang pengemudi tidak merasa nyaman dalam mengendalikan rem. Akhirnya sistem rem pun bisa jadi tidak akan bekerja secara maksimal juga.

Read More

Oleh karena itu pemeriksaan kondisi pedal rem mobil memang harus diperhatikan. Tidak harus membawa ke bengkel, anda cukup menyediakan alat – alat ukur sederhana yang ada disekitar kita. Selian itu, proses pemeriksaan juga bisa kita rasakan pada saat kita menginjak pedal rem.

Hal yang perlu diperhatikan saat anda berulang – ulang menginjak pedal rem adalah pastikan kondisi mesin mobil hidup, karena dikhawatirkan jika mesin mobil mati hal ini akan berakibat buruk yang akan menimpa booster. Pada saat mesin mati, maka tidak akan terjadi hisapan ( vakum ), jika pedal rem terus menerus kita injak, maka akan mengakibatkan karet pada booster akan melipat dan tidak akan bekerja secara maksimal. Rusaknya booster akan mengakibatkan gaya yang diperlukan untuk menginjak pedal rem semakin berat ( besar ) karena tidak adanya bantuan dari booster.


Adapun hal – hal yang harus dilakukan pada pemeriksaan kondisi pedal rem mobil yaitu :

1. Pemeriksaan Kondisi Pedan Rem

Pemeriksaan kondisi pedal rem mobil harus sering dilakukan Pemeriksaan Kondisi Pedal Rem Mobil
Kondisi pedal rem 


Periksa dan pastikan bahwa pada pedal rem tidak terdapat masalah seperti dibawah ini.
Pedal tidak dapat bergerak penuh   sampai ke bawah
Bunyi tidak normal
Tedapat speeling ( jarak awal hingga tertekan ) yang melebihi spesifikasi

2. Tinggi Pedal Rem 

Pemeriksaan kondisi pedal rem mobil harus sering dilakukan Pemeriksaan Kondisi Pedal Rem Mobil
Tinggi pedal rem 

Gunakan mistar penggaris, ukurlah tinggi pedal rem dari lantai kendaraan, jika diluar spesifikasi stel tinggi pedal. Jika tinggi bebas pedal rem diluar spesifikasi lakukan penyetelan dengan mengendorkan lock nut dan memutar push rod kekiri atau kekanan hingga didapat ketinggian pedal yang sesuai dengan spesifikasi tinggi pedal. Kencangkan nut ( mur ) agar push rod tidak berubah posisi.


3. Pemeriksaan Free Play Pedal Rem 

Pemeriksaan kondisi pedal rem mobil harus sering dilakukan Pemeriksaan Kondisi Pedal Rem Mobil
freeplay pedal rem 


Dalam kondisi mesin mati, Injak  pedal rem beberapa kali untuk menonaktifkan boster rem.

Kemudian tekan pedal rem menggunakan jari tangan dan ukurlah free play pedal rem menggunakan mistar

Catatan :
Pada kendaraan yang menggunakan hydraulik  brake booster, untuk menonaktifkan kerja booster dapat dilakukan dengan menginjak pedal rem minimum 40 kali

4. Pemeriksaan Jarak Cadangan Pedal Rem 

Pemeriksaan kondisi pedal rem mobil harus sering dilakukan Pemeriksaan Kondisi Pedal Rem Mobil
Jarak cadangan pedal rem 

Dalam kondisi mesin hidup dan  rem tangan pada posisi bebas. Injak pedal rem dengan kekuatan 50kgf, dan ukur jarak pedal yang tersisa dari lantai menggunakan mistar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *