Merubah Rangkaian Klakson Standar Menjadi Menggunakan Relay

  • Whatsapp

Klakson adalah salah satu komponen kelistrikan yang berfungsi mengeluarkan suara sebagai tanda atau kode untuk kendaraan- kendaraan disekitar akan kondisi tertentu. Oleh karenanya klakson pada setiap kendaraan adalah penting. Selain memudahkan pengemudi dalam berkendara saat akan mendahului dan juga sebagai tanda keamaan kepada mobil disekitar.

Klakson yang ada pada setiap mobil pada umumnya sudah dilengkapi dengan relay. Fungsi relay untuk mencegah terjadinya drop tergangan pada saklar menjadi salah satu alasan untuk menggunakannya agar saklar tidak cepat rusak serta suara klakson yang lebih baik.

Read More

Namun tidak menutup kemungkinan jika pada kondisi tertentu ternyata anda berkeinginan untuk memodifikasi klakson yang awalnya tidak dilengkapi dengan relay lalu berencana untuk menggunakan relay. Jika anda masih bingung apa itu relay, tipe – tipe relay dan cara kerjanya maka anda bisa membaca Perbedaan Relay Dan Fuse

Pada artikel ini kami akan coba menjelaskan bagaimana caranya merubah rangkaian klakson standar menjadi klakson yang menggunakan relay.

1. Rangkaian Klakson Standar

Klakson adalah salah satu komponen kelistrikan yang berfungsi mengeluarkan suara sebagai t Merubah Rangkaian Klakson Standar Menjadi Menggunakan Relay

Pada rangkaian klakson standart, kami menjelaskannya menjadi 2 bagian yaitu :

  • Klakson Standar pengendali Positif, yang mana pada rangkaian ini swicth ( saklar ) berada pada rangkaian kabel positif. Sedangkan masa pada klakson langsung mengarah ke terminal pada negatif baterai. Biasanya negatif klakson pada mobil langsung terhubung ke bagian bodi ( chasis) sebagai salah satu efisiensi pemakaian kabel ( lebih irit ).
  • Klakson standar pengendali Negatif, yang mana poda jenis ini adalah keterbalikan dari pengendali positif. Switch ( saklar ) terletak pada kabel Negatif, sedangkan kabel positif langsung terhubung ke positif baterai. Namun demikian, bahwa rangkaian pengedali negatif pada klakson mobil belum pernah saya termukan. Hampir semuanya menggunakan pengendali Positif. Tetapi setidaknya ini menjadi dasar teori untuk kasus – kasus tertentu. 
2. Rangkaian Klakson Menggunakan Relay

Klakson adalah salah satu komponen kelistrikan yang berfungsi mengeluarkan suara sebagai t Merubah Rangkaian Klakson Standar Menjadi Menggunakan Relay

Setelah adan memperhatikan rangkaian klaskon standar, maka pada tahap selanjutnya adalah bagaimana cara memodifikasi ( menambahkan ) relay pada rangkaian tersebut. Pada gambar diatas kami telah coba untuk merangkainya dengan menambahkan relay sesuai dengan pengendi pada klakson ( pegendali positif dan pengendali negatif ).

a. Rangkaian Klakson Relay Pengendali Positif, ini adalah  rangkaian yang sangat umum digunakan pada kendaraan. Cara merakitnya pun sangat mudah dan gampang. Anda cukup memutus rangkaian kabel positifnya yang terhubung dengan saklar. Setelah itu anda bisa merangkainya dengan menghubungkan ke relay. Sebagai patokan, bahwa pada relay terdapat kode angka

  • ( 30 langsung dihubungkan ke terminal Positif  baterai ) , 
  • ( 87 dihubungkan ke terminal beban, yang mana pada rangkian ini dihubungkan ke terminal positif klakson ), 
  • ( 58 dihubungkan ke negatif baterai atau juga bisa langsung terhubung ke chasis ) dan yang terakhir 
  • ( 86 yang sisambungkan pada jalur saklar ). 

Kode – kode ini sebenarnya bukan patokan utama, karena jika dipsang tidak sesuai dengan aturan diatas juga tidak masalah.Namun jika anda kurang memahami cara kerja relay maka panduan angka diatas adalah sebagai dasarnya.

b. Rangkaian Klakson Relay Pengendali Negatif, ini seperti tidak akan pernah terjadi pada rangkaian mobil. Karena seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa hampir sipastikan semua pengendali klakson pada mobil adalah pengendali Positif. Namun tidak ada salahnya kita juga bisa mencoba untuk merangkai relay klakson pengendali negatif seperti yang terlihat pada gambar diatas.  Pada rangkaian jenis ini agak rumit dibandingkan dengan rangkaian pengendali relay positif, karena kita harus memotong kedua jalur kabel negatif dan positif. Yang mana kode – kode angka pada relay harus terhubung seperti berikut :

  • 30 dan 86 langsung terhubung ke terminal positif baterai
  • 87  mengarah ke aliran beban
  • 85 mengarah ke jalur ragkaian swith ( saklar )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *