MENGHITUNG LAMDA PADA AIR FUEL RATIO

  • Whatsapp

LAMDA (λ)
Air Fuel Ratio ( Perbandingan Udara dan Bahan bakar)
 ialah suatu perbandingan antara air fuel ratio yang sedang terjadi dibandingkan dengan ai MENGHITUNG LAMDA  PADA AIR FUEL RATIO
Lamda (λ) ialah suatu perbandingan antara air fuel ratio yang sedang terjadi dibandingkan dengan air fuel ratio standart(10:1).
λ= A/F Actual Mesin =1(Hasil) @ Actual/ kenyataan/ sedang terjadi
A/F Standart (10:1) @ Suhu kamar / 20oC
@ Air Fuel Ratio (perbandingan udara dan bahan bakar)
 
Secara teori Air Fuel ratio standart ialah 10:1,contoh :
1. λ= 10:1 (actual) = 1(Hasil)
10:1(standart)
Mengapa kita tahu A/f yang terjadi pada engine adalah 10:1 , karena dengan hasil lamdanya ialah 1.
 
2. λ= 5:1(actual) = 0,5 (hasil)
10:1(Standart)
Dari hasil contoh no 2 ,dapat kita simpulkan bahwa terjadi campuran gemuk secara actual juga kita dapat simpulkan bahwa HC(Hidro Carbon)semakin bertambah dari standart.
 
3. λ= 15:1(Actual) = 1,5 (Hasil)
10:1(Standart)
Dari hasil contoh no 3 ,dapat kita simpulkan bahwa terjadi campuran kurus secara actual juga kita dapat simpulkan bahwa terjadi penurunan HC(Hidro Carbon ) dari ukuran standart .
 
EMISION CONTROL
A. CO(Carbon Monoksida) : CO dihasilkan karena terjadi pembakaran yang tidak sempurna yang diakibatkan kekurangan O₂(oksigen),ukuran standart(0,5-1,5%).Hasil CO yang berlebihan akan menimbulkan racun dan mengakibatkan bahaya yang besar bagi mahkluk hidup di bumi .
B. HC(Hidro Carbon) :HC dahasilkan dari uap bahan bakar yang mana terjadi didalam pembakaran karena tidak terjadi pembakaran bahan yang sempuran sehingga menghasilkan bahan bakar mentah ,ukuran maksimal(300ppm/part per milion).HC yang berlebihan juga akan menimbulkan racun yang berbaya bagi kehidupan kita .
C. CO₂(Carbon Dioksida ) :CO₂ dihasilkan dari pembakaran yang sempurna yang mana gas ini tidak menimbulkan racun dan tidak berbaya bagi kehidupan kita .
D. O₂(Oksigen ) :Dalam pengukuran Emision Control ,O₂ bukanlah suatu gas yang dihasilkan dari hasil pembakaran ,melainkan O₂ adalah gas yang membantu dalam pembakaran .
E. NoX(Nitrogen Oksigen) :NoX dihasilkan dari campuran Nitrogen dan Oksigen yang terbakar pada suhu 800⁰ C.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *