Mengetahui Perbedaan Jenis Lampu Proyektor Dengan Reflektor

  • Whatsapp

Semakian berkembangnya teknologi pada bidang otomotif, maka hampir semua komponen mendapat sentuhan teknologi yang semakin maju. Termasuk salah satunya adalah sistem penerangan pada kendaraan. Lampu kepala ( head lamp ) sebagai lampu utama pada sistem penerangan menjadi salah satu komponen yang mendapat sentuhan teknologi.

Pada saat ini terdapat beragam jenis lampu kepala yang terpasang pada mobil – mobil keluaran terbaru. Model – model lampu kepala yang tepasang yaitu jenis proyektor dan reflektor. Jenis lampu ini tentunya memiliki kwalitas lebih baik dibanding dengan lampu kepala yang hanya mengandalkan bohlam saja. Btw apakah kalian sudah mengatahui perbedaan antara lampu jenis projektor dengan lampu reflektor ?

Read More

Pada artikel ini kita akan mengulasnya sehingga akan menambah pengetahuan kalian tentang keduanya. Selain itu, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, sehingga kalian nantinya dapat mempertimbangkan untuk memilih salah satu dari keduanya.

A. Jenis Lampu Proyektor

Konsep lampu depan proyektor telah ada sejak tahun 1911 dan meskipun idenya sudah lebih dari 100 tahun, desainnya tidak pernah diperkenalkan secara komersial sampai awal tahun 1980-an. Lampu depan proyektor menggunakan lensa ellipsoidal dengan tujuan untuk  memproyeksikan pola cahaya yang berpotongan sehingga hasilnya lebih  bersih dan  meminimalkan risiko mengaburkan cahaya.

Semakian berkembangnya teknologi pada bidang otomotif Mengetahui Perbedaan Jenis Lampu Proyektor Dengan  Reflektor
Skema lampu projektor

Seperti Apa bentuk Tampilan Lampu Proyektor?

Untuk mengenali jenis lampu proyektor sangat mudah, sekilas  lampu depan proyektor sangat mudah dikenali. Saat kalian melihat lampu depan kendaraan, anda akan melihat lensa fishbowl yang diposisikan tepat berada di depan bola lampu. Dari arah jauh, lensa ini akan mudah dikenali karena bentuknya yang mirip retina mata manusia.

Semakian berkembangnya teknologi pada bidang otomotif Mengetahui Perbedaan Jenis Lampu Proyektor Dengan  Reflektor
jenis lampu proyektor

Manfaat Lampu Proyektor

Banyak pengemudi lebih suka memilih  kendaraan yang menggunakan  lampu depan jenis proyektor. Ini  karena jenis lampu proyektor dianggap secara bentuk lebih menarik  dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lampu reflektor. Adapun kelebihannya yaitu :

  • Pola cahaya yang dipantulkan  lebih fokus
  • Tidak akan membutakan ( mengganggu ) pengguna jalan lain
  • Tidak ada bintik hitam
  • Secara signifikan lebih terang di titik fokus dari pada lampu depan reflektor
B. Jenis Lampu Reflektor 

Lampu depan reflektor adalah jenis  unit lampu terpasang pada sebagian besar kendaraan.  Lampu jenis ini umumnya secara bentuk lebih kecil dari lampu depan proyektor  dan mempunyai biaya produksi lebih murah. 
Seperti Apa Bentuk Tampilan Lampu Reflektor?
Lampu reflektor cukup mudah dikenali karena bentuk  interiornya yang menyerupai sebuah kubah. Optik yang terpasang pada bagian kubah ini bersifat seperti kaca yang berfungsi membantu memantulkan cahaya kedepan agar lebih terang dan menyebar. 
Semakian berkembangnya teknologi pada bidang otomotif Mengetahui Perbedaan Jenis Lampu Proyektor Dengan  Reflektor
jenis lampu reflektor

Manfaat Lampu Reflektor

Berbeda dengan lampu depan proyektor, jenis lampu reflektor tidak dapat benar-benar disandingkan dengan kwalitas lampu jenis proyektor yang  sangat baik dalam hal gaya dan kinerja. Manfaat utama memiliki lampu depan reflektor adalah harganya yang lebih  murah  jika dibandingkan  lampu depan  jenis proyektor.

Sayangnya, pabrikan telah menentukan jenis lampu kepala pada setiap mobil. Jadi anda tidak bisa dengan mudah untuk merubah lampu kepala jenis reflektor menjadi jenis proyektor. Jika pun ingin menggantinya, maka anda bisa membeli yang jenis aftermarket. Namun, ini juga tidak bisa anda lakukan dengan mudah karena kesalahan pemasangan dapat mengakibatkan resiko kerusakan yang lebih besar.

Kesimpulan

Sebenarnya anda jangan terlalu mempermasalahkan  jenis unit lampu yang anda miliki.
Pada faktanya bahwa setelah jenis kedua jenis lampu ini diterapkan hampir 20 tahun di industri otomotif, pada kesimpulannya  tidak ada unit lampu yang benar-benar lebih baik karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Lampu utama proyektor vs reflektor selalu menjadi diskusi besar antara pemilik mobil, tetapi pada akhirnya, anda masih mendapatkan jumlah cahaya yang sama dari kedua jenis lampu tersebut. Kedua jenis unit lampu ini adalah metode yang berbeda untuk mengarahkan cahaya, jadi mari kita gunakan sebuah contoh pada gambar dibawah ini.

Semakian berkembangnya teknologi pada bidang otomotif Mengetahui Perbedaan Jenis Lampu Proyektor Dengan  Reflektor
Perbandingan pancaran cahaya lampu relfektor dengan proyektor

Seperti yang Anda lihat dari contoh diatas, bahwa  satu-satunya perbedaan dari kedua jenis lampu tersebut adalah lebar pola pancaran cahayanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *