Mengetahui Nama – Nama Pedal Pada Mobil Beserta Fungsinya

  • Whatsapp

Setiap kendaraan terdiri dari beberapa sistem yang digabungkan menjadi satu yang berfungsi untuk saling mendukung, baik saat kendaraan dalam keadaan berhenti maupun melaju yang pada intinya kendaraan harus melakukan sesuatu dengan keinginan pengemudi.

Sistem yang ada pada kendaraan terdiri dari Mekanik, Elektronik dan Pneumatik yang kesemuanya dikontrol oleh pengemudi untuk menjalankan sistem tersebut, kecuali pada mobil Otonomos ( mobil yang bisa melaju secara otomatis ). Jadi jika kalian masih menggunakan mobil jenis konvensional maka wajib harus melakukan pengaturan secara konvensional juga.
Mengetahui nama-nama pedal pada mobil adalah ilmu dasar bagi calon seorang pengemudi untuk dapat mengendalikan kendaraan. Karena sesungguhnya pedal – pedal yang ada pada mobil juga berfungsi dalam hal diatas yang berfungsi secara mekanik, hidrolik dan elektrik ( walau tidak semunya ya ). 
Secara umum  berdasarkan transmisinya, mobil terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
  1. Mobil Manual
  2. Mobil Automatic ( Matic )
Dari keduanya mempunyai perbedaan jumlah pedal. Karenanya kalian harus bisa membedakan diantara keduanya yang mana perbedaaan ini juga akan diikuti oleh tuas pemindah gigi ( transmisi ) yang berbeda pula. 

1. Pedal Pada Mobil Manual


Pedal pada mobil manual mempunyai 3 pedal yaitu : 
a. Pedal Gas 
Berfungsi untuk mengatur putaran mesin. Secara mekanis pedal ini bekerja untuk mengatur pembukaan katup throtle yang berfungsi sebagai pengatur jumlah udara yang akan masuk ke ruang bakar. Semakin pedal ditekan, maka semakin besar pembukaan katup trhotle sehingga putaran mesin semakin cepat. Sebaliknya, ketika pedal gas tidak ditekan maka katup throtle akan menutup dengan sedikit celah yang kecil, pada kondisi ini putaran mesin akan pelan atau dikenal dengan istilah idle/langsam. Jadi pada kesimpulannya, jika kita ingin melajukan kendaraan dengan kecepatan penuh maka tekan pedal gas, sebaliknya jika kita ingin mengurangi kecepatan maka lepas pedal. 
b. Pedal Rem
Letak pedal rem berada pada bagian tengah diantara tiga pedal. Fungsi pedal ini adalah untuk mengoperasikan rem pada keempat roda mobil. Jika pedal rem ditekan, maka mobil akan mengurangi kecepatannya atau berhenti. Pedal rem bekerja secara pneumatic yang mana sistem ini mengandalkan cairan untuk beroperasi. Untuk mengetahui lebih jelas fungsi rem, saya telah menulisnya pada artikel sebelumnya Garis Besar Sistem Rem.
c. Pedal Kopling
Pedal kopling akan menjadi pembeda untuk jenis mobil manual dengan mobil otomatis. Pedal kopling hanya terdapat pada jenis mobil manual, sedangkan pada mobil otomatis tidak ada. Fungsi pedal kopling adalah untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Jika pedal ditekan, maka putaran mesin akan terputus sebaliknya jika pedal rem dilepas putaran mesin akan kembali terhubung. Fungsi ini bekerja saat pengemudi ingin memindahkan percepatan gigi. Tekan pedal saat perpindahan dan lepaskan secara berlahan – lahan ( lembut ) ketika perpindahan sudah dilakukan.
2. Pedal Pada Mobil Automatic ( Matic )
Seperti yang kalian lihat, bahwa perbedaan antara pedal mobil manual dengan mobil automatic adalah pada pengurangan fungsi pedalnya. Pada mobil manual terdiri dari 3 pedal ( pedal gas, rem dan kopling ), sedangkan pada mobil automatic hanya terdiri dari 2 pedal ( pedal gas dan rem ). Jadi pedal kopling pada mobil automatic tidak ada. Mengapa ? karena pada mobil automatic jenis transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis. 
Bagaimana, apakah kalian sudah mengetahui nama-nama pedal pada mobil berserta fungsinya ? ini sangat penting bagi kalian yang akan belajar mengemudikan mobil. Dengan mengetahui ini, mudah-mudahan proses belajar mengemudikan mobil jadi lebih cepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *