Mengenal Pelindung Kendaraan Yang Digunakan Saat Service

  • Whatsapp

Kendaraan yang diservice harus dalam kondisi baik ketika diterima dan setelah diservice. Alasan itulah yang digunakan oleh dunia industri atau para pemilik kendaraan sebagai dasar kepercayaan pelanggan. Yang mana kendaraan harus mendapat perlindugan keamanan yang maksimal untuk mencegah kerusakan yang fatal.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan melindungi beberapa bagian kendaraan saat proses penservisan kendaraan. Hal ini dilakukan agar bagian – bagian mobil yang bersentuhan dengan mekanik dapat terhindar dari kerusakan atau hanya sekedar mencegah kotoran yang menempel.

Read More

Ini adalah sudah menjadi Standart Operasional Prosedur pada bengkel – bengkel perbaikan kendaraan dalam mengedepankan kepuasan pelanggan. Pelindung – pelindung ini bersifat sementara yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah.

Bagi anda yang berkeinginan menjadi mekanik disebuah perusahaan ( misal Toyota ), maka mengetahui komponen – komponen pelindung kendaraan yang digunakan saat service adalah hal wajib.

Adapun pelindung – pelindung kendaraan yang digunakan pada saat service adalah sebagai berikut :

1. Fender Cover 

 harus dalam kondisi baik ketika diterima dan setelah diservice Mengenal Pelindung Kendaraan Yang Digunakan Saat Service
Fender Cover

Fender cover befungsi untuk melindungi bagian sisi bonet kendaraan. Fender cover terpasang pada bagian kanan, kiri dan depan. Cara memasangnya pun mudah yaitu dengan mengikat kedua bagian tali pada komponen yang terdapat di ruang mesin. Mengapa fender cover harus dipasang ? karena pada bagian bonet inilah mekanik sering bersentuhan untuk memperbaiki mesin. Gesekan yang berlebih antara baju mekanik dengan cat kendaraan dikwatirkan akan menimbulkan kerusakan pada cat tersebut. Bukan hanya itu, gesekan alat – alat atau benda tajam juga memungkinkan untuk merusak cat. Oleh karena itu, memasang fender cover adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh mekanik.

2. Seat Cover

 harus dalam kondisi baik ketika diterima dan setelah diservice Mengenal Pelindung Kendaraan Yang Digunakan Saat Service
Seat Cover

Seat cover berfungsi untuk melindungi kursi. Biasanya kursi yang dilindungi ( dipasang ) seat cover hanya kursi bagian pengemudi saja. Tujuannya agar saat mekanik menyetel atau mengetes kendaraan tidak mengotori kursi pengemudi yang diakibatkan karena baju mekanik yang kotor atau sesuatu yang dapat merusak kursi. Cara pemasangannya pun mudah, hanya tinggal memasukkan saja ke bagian kursi.

3. Steering Wheel Cover

 harus dalam kondisi baik ketika diterima dan setelah diservice Mengenal Pelindung Kendaraan Yang Digunakan Saat Service
Steering Wheel Cover

Steering wheel cover berfungsi melindungi roda kemudi. Tujuannya sama seperti seat cover, saat mekanik mengetes kendaraan atau memutar roda kemudi, steering wheel cover mencegah kotoran dari tangan mekanik agar tidak menempel pada roda kemudi. Karena ada sebagian roda kemudi yang terbuat dari bahan yang menyerap yang itu sangat susah dibersihkan jika terkena kotoran. Oleh karena itu memasang steering wheel cover adalah wajib bagi para mekanik.

4. Floor Mat

 harus dalam kondisi baik ketika diterima dan setelah diservice Mengenal Pelindung Kendaraan Yang Digunakan Saat Service
Floor Mat


Flor Mat adalah seperti keset. Namun fungsinya bukan untuk membersihkan sepatatu atau kaki yang kotor, melainkan hanya sebagai pelindung bagian lantai mobil. Floor mat biasanya hanya dipasang pada bagian lantai pengemudi saja. Bentuknya mirip seperti keset, namun terbuat dari bahan yang berbeda. Cara pemasangannya hanya tinggal diletakkan saja pada bagian lantai mobil.

Itu adalah 4 pelindung yang digunakan oleh para mekanik saat proses service kendaraan yang berguna untuk melindungi kendaraan dari kerusakan atau kotor.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *