Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik BYD Asal Tiongkok Yang Masuk Ke Indonesia

  • Whatsapp
 Setahun yang lalu beredar isu dikalangan para penggemar otomotif bahwa ada mobil listrik  Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik BYD Asal Tiongkok Yang Masuk Ke Indonesia
Taxi Mobil listrik BYD di China ( Sumber : Bloomberg )

Setahun yang lalu beredar isu dikalangan para penggemar otomotif bahwa ada mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu yang akan masuk ke Indonesia.  Itu bukan hisapan jempol belaka, seiring berjalannya waktu ternyata itu sudah menjadi kenyataan.

Tepatnya awal bulan mei kemarin, Blue Bird sebagai salah satu penyedia layanan transportasi masal ( Taxi ) tebesar di Indonesia mengimpor utuh mobil Listrik merek BYD asal Tingkok dan Tesla.

Read More

Di Indonesia sendiri  pengesahan regulasi  mengenai mobil LCEV ( Low Cost Elctric Vehicle ) yang menjadi payung hukum untuk  beberapa mobil ramah lingkungan seperti mobil hybrid dan full electric masih belum kelar. Namun demikian, beberapa  perusahaan yang bergerak di bidang otomotif sudah menyiapkan strategi jika kedepan regulasi ini disahkan oleh pemerintah.

Beberapa kalangan mempunyai beragam pendapat, salah satunya mantan menteri BUMN Dahlan Iskan. Mengutip dari laman pribadi media sosialnya “Tentu saya senang-senang-sedih. Senang karena mobil listrik menjadi kenyataan. Sedih karena akhirnya harus impor. Terjadilah apa yang harus terjadi: ‘zaman mobil listrik’ tiba juga di tanah air. Dan sekali lagi kita hanya akan jadi pasar. Bagi mobil listrik asing.”

Harus kita akui bahwa di Negara asalanya, Tiongkok mempunyai aturan yang sangat mendukung akan perkembangan mobil-mobil listrik di Negaranya. Diantaranya sebagai berikut :

  • Mobil listrik yang berkecepatan maksimal 60 Km/jam tidak perlu surat ijin apapun. Hanya tidak boleh masuk Tol.
  • Mobil berbahan bakar fosil ( bensin dan Diesel ) sangat dibatasi, salah satunya di Provinsi Shanghai yang mempunyai jatah penambahan mobil  12.000 / tahun, sedangkan yang memesan lebih dari 100.000 orang. 
  • Setiap pemesan mobil berbahan bakar fosil akan diundi setiap tahunnya, jika berhasil maka ia adalah bagian dari yang mendapatkan jatah 12.000 unit dan langsung bisa pergi ke toko untuk membelinya.
  • Sedangkan untuk membeli mobil listrik sangat mudah, bisa kapan saja tanpa syarat dan aturan yang memberatkan.
Dengan aturan tersebut, Tiongkok dinilai sangat berhasil untuk mengembangakan beragam kendaraan listrik di Negaranya. Pada tahun kemarin, kenaikkan penjualan mobil listrik naik 60%  dengan jumlah penjualan mencapai 1.300.000 unit dari beragam jenis  yang jumlahnya mencapai 12 merek. Dan yang menjadi pelopornya adalah merek BYD ( Build Your Dream ) yang nantinya akan dipakai pada armada Blue Bird. 

Merek BYD ( Build Your Dream )

 Setahun yang lalu beredar isu dikalangan para penggemar otomotif bahwa ada mobil listrik  Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik BYD Asal Tiongkok Yang Masuk Ke Indonesia
Wang Chuanfu
Wang Chuanfu  ( 53 ) adalah  pendiri BYD, pada awal tahun 1990 tinggal di Beijing bekerja sebagai peneliti ahli kimia di di Inssitut Penelitian Umum milik pemerintah untuk jenis Logam Non Ferro. Ini adalah laboratorium milik pemerintah yang berfokus pada pengembangan dari bahan-bahan metalurgi. Salah satu karya yang ia ciptakan adalah menciptakan baterai dengan kwalitas terbaik dari logam-logam langkah. Ketika semangat keiwrausahaan di era kemepemimpinan Deng Xiaoping, Wang beripikir untuk keluar dan mendirikan perusahaan pembuatan baterai ( BYD Co Ltd ).
 Setahun yang lalu beredar isu dikalangan para penggemar otomotif bahwa ada mobil listrik  Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik BYD Asal Tiongkok Yang Masuk Ke Indonesia
Gedung  BYD pada Tahun 1995
BYD Co Ltd Didirikan pada bulan Februari 1995, adalah sebuah perusahaan baterai dan sebagai pelopor dalam menciptakan baterai terbaik didunia. Pada tahun 2003 BYD Co Ltd berekspansi membuat perusahaan otomotif ( BYD Automobil Co Ltd )  yang bergerak khusus pada pengembangan dan produksi mobil – mobil listrik yang berpusat di Shenzen Provinsi Guangdong.
Sebelum terkenal akan produksi mobil listriknya, BYD telah menjadi supplier lithium ion baterai untuk beragam alat elektronik dan ponsel terbaik didunia. 
Tahun lalu BYD telah membuka pabrik baterai terbesar didunia yang terletak di provinsi Qinghai China barat yang luasnya setara dengan 140 lapangan bola. Ini adalah pabrik ke tiga di china setelah Shenzhen dan Huizhou. 
Adapun beragam jenis mobil listrik yang telah diproduksi oleh BYD adalah sebagai berikut : 
  • BYD F3 – sedan kompak
  • F3DM sedan kompak hibrida plug-in
  • BYD F3-R hatchback kompak
  • BYD G3 – sedan kompak
  • BYD G3-R – hatchback kompak
  • BYD L3 (atau New F3)[ – sedan kompak
  • BYD G6 – sedan mobil ukuran mid-size
  • BYD e6 – MPV listrik
  • BYD M6 – MPV
  • BYD S6 – SUV
  • S6DM – hibrida plug-in SUV
  • BYD ebus – Bus-Mobil listrik
  • BYD F0 – supermini
Selain mobil listrik, BYD ternyata juga mengembangkan  SkyRail. Sistem monorel yang dirancang untuk diletakkan di atas jalan-jalan kota yang padat dengan tenaga listrik yang dirancangya. 

 Setahun yang lalu beredar isu dikalangan para penggemar otomotif bahwa ada mobil listrik  Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik BYD Asal Tiongkok Yang Masuk Ke Indonesia Skyrail BYD 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *