Mengenal Jenis Penggerak Roda Pada Truk ( 4×2, 4×4, 6×2,6×4 )

  • Whatsapp

Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin akan diteruskan ke setiap roda dengan beragam jenis mekanismenya  sesuai dengan kendaraan tersebut. Umumnya pada mobil – mobil kecil ( passanger ), penggerak roda yang digunakan hanya 2 roda. Pabrikan memang sengaja membuatnya seperti itu karena memang pada kendaraan kecil tidak membutuhkan tenaga yang besar layaknya mobil – mobil besar.

Berbeda dengan truck yang memang kendaraan ini didesain untuk mengangkut material – material berat sehingga membutuhkan pasokan tenaga yang kuat. Dengan alasan inilah, pada truk jenis penggerak rodanya agak sedikit berbeda dengan mobil – mobil kecil. Biasanya jenis penggerak roda pada truk bisa diketahui dari emblem yang menempel pada bagian kepada truk bagian depan.

Read More

Biasanya akan tertulis 4×2, 4×4, 6×4 dan lain – lain. Nah, apakah kalian paham dengan arti tulisan tersebut ? jika kalian sudah memahaminya silahkan left artikel ini. Namun jika kalian belum mengetahuinya, kami akan membahas mengenai hal tersebut.

Rumus yang digunakan untuk mengetahui arti dari tulisan tersebut yaitu :

Jumlah as roda x jumlah as roda penggerak

Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin akan diteruskan ke setiap roda dengan beragam jenis mek Mengenal Jenis Penggerak Roda Pada Truk ( 4x2, 4x4, 6x2,6x4 )
Jenis penggerak roda pada truk

Ingat ya, bukan jumlah roda melainkan jumlah as roda. Sebagai contoh pada gambar diatas 4×2, ini mempunyai arti bahwa kendaraan tersebut mempunyai  jumlah as roda    4  dan jumlah as penggerak roda 2. 
Penggerak 8×4 mempunyai arti bahwa kendaraan ini mempunyai jumlah as roda 8 dan 4 sebagai as penggerak as roda. 
Penggerak 4×4, ini sama seperti mobil yang menggunakan mekanisme 4WD ( Four Wheel Drive ) yang mana pada kendaraan tersebut mempunyai jumlah as roda 4 dan  4 as roda sebagai penggerak ( semua roda berpenggerak ). 
Bagaimana apakah kalian sudah memahami mekanisme jenis penggerak roda pada truk ? semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *