Mengapa Mobil BMW Tidak Mempunyai Ban Cadangan ?

  • Whatsapp

Jadi beberapa hari yang lalu datang customer ibu-ibu dengan padakaian modis dan seorang supir. Si ibu masuk ke ruang tunggu sedangkan si Pak sopir menunggu tenang di selasar bengkel. Setelah selesai antrian, akhirnya saya menyananakan kepada bapak tersebut perihal kedatangannya ke bengkel. Singkaty cerita, ternyata mau service. Maklum beliau supir baru dan kali pertama membawa mobil BMW. Mungkin agak gerogi kali ya..

Ilustrasi Ban cadangan

Setelah dibaca kunci, ternyata cuman ganti oleh saja. Ok deh, semua saya periksa sebelum dikukan pengerjaan ganti oleh, seperti pemeriksaan luar bodi, interior, sistem kelistrikan dan bagian bawah kendaraan sebagai setandar pemeriksaan awal di bengkel.

Read More

Selang beberapa lama akhirnya selesai juga mobil tersebut diganti oleh beserta saringannya. setelah selesai, mobil pun saya bawa keluar untuk diserahkan kepada bapak supir yang tadi. Sebelum penyerahan tersebut beliau bilang bahwa disuruh di Ibu ( bos nya ) untuk menanyakan sebenarnya dimana sih letaknya ban serep mobil ini. Degan wajah lugu dan mungkin juga kebingungan, sering buka bagasi belakang tapi kenapa tidak pernah kelihatan ban serepnya.

Saya jelaskan bahwa bahwa sebenarnya sejak tahun 2004 mobil BMW sudah tidak menggunakan ban serep Pak. Melainkan sudah diganti dengan RFT ( Run Flat Tyre)teknologi ban yang mencegah ban tersebut kempes saat tekena paku atau benturan. Jadi RFT masih bisa digunakan saat ban bocor dengan kecepatan maksimal 80 Km/Jam.  Saya sudah pernah menuliskan tentang RFT pada artikel berikut Apa Itu Run Flat Tyre ? Kelebihan dan kelemahannya. 

Perbedaan ban biasa dengan RFT

Jadi bagi anda yang ingin membeli mobil BMW, jangan berharap akan ban cadangan pada mobil yang ingin anda beli. Apakah ban RFT aman ? hingga sampai saat ini teknologi tersebut aman untuk digunakan. Walau memang ada kelebihan dan kelemahannya.

Secara logika, teknologi ini sangat cocok dengan lebel BMW sebagai mobil kelas premium. Kan gk mungkin, mobil Horang Kaya dengan pakaian mewah lagi kedapatan bongkar ban di pinggir Tol. Oleh sebab itu, pabrikan sudah memikirkan hal ini bagi anda yang ingin memiliki mobil BMW. Soal aturan pemerintah tentang adanya ban cadangan sepertinya sudah deal, dimana setiap mobil harus dilengkapi dengan ban cadangan. Namun, hal ini bisa diabaikan dengan tidak adanya ban cadangan jika pada mobil tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi ban yang tidak mudah kempes saat terjadi kebocoran yang parah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *