Menganalisa Kerusakan Pada Sistem Kemudi Mobil ( Dilengkapi Dengan Tabel )

  • Whatsapp

Sistem kemudi merupakan sesuatu yang terpenting pada setiap kendaraan. Karenanya kita harus sering-sering melihat kerusakan yang terjadi padanya. Kerusakan pada sistem kemudi dapat kita rasakan pada saat kendaraan pada kondisi berjalan.

Jika kerusakan terjadi pada sistem kemudi segeralah membawanya ke bengkel. Karena jika tidak diperbaiki dikhawtirkan akan menimbulkan kerusakan-kerusakan pada komponen yang lainnya yang mungkin akan menambah kocek untuk memperbaikinya.

Read More

Ada beberapa kerusakan yang kerap dijumpai pada sistem kemudi yaitu :

a. Sistem kemudi yang terlalu berat
b. Daya balik kemudi yang kurang sempurna, dan
c. Bunyi-bunyi yang timbul saat kemudi beroperasi

Namun jika anda tidak rela untuk membawa kendaraan anda dibengkel, anda bisa menganalisa kerusakan pada sistem kemudi dan memperbaikinya sendiri dengan panduan dibawah ini. dan tentunya anda harus mengetahui prinsip kerja sistem kemudi dan hati-hati pada saat pembongkaran dan pemasangan komponen.

Berikut ini tabel analisa dan perbaikan pada sistem kemudi mobil :

1. Sistem Kemudi Berat
Pada kondisi normal, sistem kemudi akan terasa ringan pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan rendah. Namun sebaliknya  pada kecepatan tinggi, sistem kemudi akan terasa agak berat. Hal ini berkaitan dengan keselamatan.

Nah, jika kedua hal diatas tidak terjadi pada kendaraan anda. Semisal, pada kondisi kecepatan rendah dan tinggi selalu berat atau anda merasakan tidak seperti pada biasanya, maa bisa jadi sistem kemudi anda terlalu berat yang diakibatkan oleh komponen – komponen dibawah ini.


2. Daya balik kemudi tidak sempuran
Pada kondisi normal, pada saat posisi berbelok dan kembali ke jalan lurus maka sistem kemudi harus kembali dengan normal dan mudah. Tidak menarik ke sebagian sisi atau sama sekali tidak dapat kembali ke posisi roda lurus.

Jika hal ini terjadi pada kendaraan anda, maka periksalah komponen – komponen dibawah ini.



3. Bunyi-bunyi pada sistem kemudi
Bunyi-bunyi pada sistem kemudi bisa saja timbul pada saat tidak dioperasikan ( dibelokkan ), namun bisa juga saat sedang berbelok. Oleh karena, dengarkanlah secara baik – baik pada saat kapan sistem kemudi kendraan anda menimbulkan bunyi.

Jika harus memperbaikinya, maka perbaikilah komponen – komponen yang ada dibawah ini.

Demikianlah tabel perbaikan sistem kemudi. Semoga bisa menjadi rujukan bagi anda para mekanik dan jika ingin coba untuk memperbaiki sendiri, pastikan anda memiliki peralatan yang lengkap dan jaga keselamatan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *