Memperbaiki Masalah Temperatur Mesin Yang Terlalu Panas Pada Mesin Diesel ( Kijang Kapsul )

  • Whatsapp

Sistem pendingin memiliki peran penting akan kestabilan temperatur mesin. Sistem pendingin yang berkerja dengan baik maka akan dapat menjaga suhu mesin tetap stabil, namun sebaliknya jika ada masalah pada salah satu komponen atau kerusakan sistem maka temperatur akan naik diatas temperatur normal. Ini dapat kita ketahui dari indikator suhu mesin yang terdapat pada dasbord mobil. Jika ini terjadi dan dibiarkan saja maka akan sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan mesin mati tiba-tiba.

Read More

Seperti yang terlihat pada gambar indikator suhu mesin diatas terdapat dua jenis indikator yaitu Analog yang masih menggunakan jarum dan jenis Digital yang menampilkan lampu suhu mesin. 
Pada jenis analog bahwa suhu normal mesin berada pada garis yang ditunjukkan diatas. Jika jarum melewati garis tersebut dan bergerak ke atas ( ke arah H ) maka mesin mengalami Overheating ( panas Berlebih ). Sedangkan pada jenis digital, pada temperatur normal lampu akan mati, dan jika terjadi overheating maka lampu akan hidup. Segeralah berhenti dan parkirkan kendaraan pada tempat yang aman jika hal itu terjadi. Buka kap mesin dan periksalah masalah yang terjadi yang berkaitan dengan sistem pendingin. Beragam penyebab yang mengakibatkan terjadinya kenaikan suhu mesin yang berlebih. 
Pada artikel ini kami mengutip dari grup Kijang LGX yang mana ada sebuah masalah pada jenis mobil diesel kijang kapsul yang mengalami overheating ( suhu berlebih ). Temperatur akan naik jika mobil sudah berjalan dengan jarak tempuh 3 KM. Namun jika didiamkan suhu akan normal kembali, selanjutnya jika dijalankan 3 KM, suhu kembali naik. Selian itu uap panas juga keluar dari tangki cadangan air pendingin ( reservoir tank ), seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. 
 memiliki peran penting akan kestabilan temperatur mesin Memperbaiki Masalah Temperatur Mesin Yang Terlalu Panas Pada Mesin Diesel ( Kijang Kapsul )
Uap panas keluar dari tangki cadangan air radiator
Dari beragam jawaban yang diberikan oleh beberapa mekanik dan pengalaman pengemudi, kami mengemasnya menjadi beberapa jawaban yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini dari cara yang paling mudah, murah dan kemungkinan kerusakan berat yang terjadi. 
Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki temperatur mesin yang mengalami panas berlebih ( Over heating ) pada mesin diesel kijang kapsul atau yang sejenisnya.
  • Periksa kondisi tutup radiator, apakah masih bekerja dengan normal kedua katupnya ( katup tekan & vakum ). Periksa bagian – bagian tutup radiator dan pastikan tidak ada yang rusak atau lepas.
  • Cek kipas radaitor apakah bekerja dengan normal atau tidak 
  • Periksa kebocoran pada setiap sambungan – sambungan selangnya
  • Coba untuk mematikan dan menghidupkan AC, apakah ada perbedaan ?
  • Kuras air radiator dan ganti dengan air yang baru. Beberapa menyarankan untuk menggunakan cairan minuman coca-cola. Caranya matikan mesin, kuras air radiator lalu isi menggunakan cairan minuman coca-coal 1,5 liter dan hidupkan mesin selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu matikan mesin dan kuras kembali air coca-cola dan isi dengan air biasa. Mereka mengatakan cara ini ampuh dan aman. Namun setelah menemuai bengkel service radiator segeralah perbaiki.
  • Lepas Thermostat dengan cara melepas rumah keong nya ( seperti pada gambar dibawah ). Pada mesin diesel, melepas thermostat mengakibatkan suhu mesin menjadi agak lama mencapai suhu normal. Akibatnya bahan bakar menjadi boros, namun jika dalam kondisi darurat cara ini bisa anda lakukan. Dari pengalaman mereka, dengan melepas thermostat sampai sekarang masih dalam kondisi aman dan tidak ada masalah.
  •  memiliki peran penting akan kestabilan temperatur mesin Memperbaiki Masalah Temperatur Mesin Yang Terlalu Panas Pada Mesin Diesel ( Kijang Kapsul )
    Melepas tutup keong thermostat
  • Lepas silinder head ( kepada silinder ) dan lakukan perataan dengan cara digosok menggunakan kaca atau cara lebih mudah bawa ke bengkel spesialis. 
Itu adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi temperatur mesin yang naik saat dalam kondisi darurat. Lakukan dengan hati – hati dan jika berhasil segera jalankan mobil anda. Jika sudah menemukan bengkel spesialis perbaikan sistem pendingin segera service untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.Biaya service radiator sekitar 250 ribu rupiah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *