Memaksa Calya/Sigra Lari Diatas 100 Km/Jam ? Sebaiknya Anda Harus Memperhatikan Hal-Hal Berikut

  • Whatsapp

Ban adalah termasuk komponen pada mobil yang mempunyai peran penting. Selain berpengaruh akan kenyamanan dalam berkendara, ban juga menjadi faktor utama akan keselamatan.  Oleh sebab itu menjaga kondisi ban agar tetap baik adalah hal yang harus patut diperhatikan. Seperti memeriksa kondisi ban sebelum berkendara adalah hal kecil yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Baru-baru ini beredar sebuah postingan di grup Calya/Sigra dari seorang pemilik yang menunjukkan kondisi ban bawaan yang terkelupas setelah berkendaraa diatas 100 km/Jam. Dari beberapa postingan digrup yang mempunyai anggota lebih dari 20 ribu anggota tersebut ini adalah kejadian kesekian kalinya akan kwalitas ban bawaan Calya/Sigra yang buruk.

Read More

 Ban adalah termasuk komponen pada mobil yang mempunyai peran penting Memaksa Calya/Sigra Lari Diatas 100 Km/Jam ? Sebaiknya Anda Harus Memperhatikan Hal-Hal Berikut
Ban terkelupas 

Dari analisa pada gambar diatas, kalau saya simpulkan bahwa secara teknis pabrikan telah  memilih ban dengan kekuatan diatas 100 Km/jam. Mengapa ? karena dari beberapa komentar yang pada postingan tersebut  ternyata banyak juga para pemilik Calsig yang menggeber kendaraan mencapai 140 Km / jam di jalan tol dan aman – aman saja.

Secara fisik jika kita lihat dari kondisi ban diatas sepertinya sudah aus terlihat dari kondisi grip pada bagian sampingnya. Jika kondisinya seperti ini, maka wajar jika ban tersebut terkelupas. Selain itu, faktor cuaca seperti jalan yang panas juga akan menambah resiko akan terjadinya kondisi ini.

Namun sebagian pengguna lain juga mengalami hal yang tidak wajar pada ban bawaan yang rentan sobek, pecah dan lain-lain. Bahkan ada yang menyarankan untuk segera mengganti ban bawaan dengan ban baru dengan kwalitas yang lebih baik.

 Ban adalah termasuk komponen pada mobil yang mempunyai peran penting Memaksa Calya/Sigra Lari Diatas 100 Km/Jam ? Sebaiknya Anda Harus Memperhatikan Hal-Hal Berikut
Keluhan akan kwalitas ban bawaan Calya – Sigra

Jika anda masih menggunakan ban bawaan, tidak usah khawatir dengan hal diatas selama anda memathui rambu – rambu dalam pemakaian ban. Oleh karena itu untuk menjaga keamanan dalam berkendara, ada baiknya anda harus memeriksa kondisi ban seperti :

  • Tekanan angin yang tepat ( tidak boleh terlalu kempes  atau terlalu keras )
  • Lihat kondisi ban apakah mengalami keausan yang parah, jika iya maka sesuaikanlah kecepatan berkendara anda dan jangan paksakan untuk lari diatas 100 Km/jam
  • Lihat kondisi cuaca, cuaca panas yang berlebih akan mengakibatkan jalanan aspal menjadi panas. Dan ini sangat tidak baik bagi keamanan ban. 
Demikian sedikit analisa dari saya, keselamatan berkendara adalah tanggung jawab bersama. Dengan mengecek kondisi kendaraan sebeleum berkendara adalah cara ampuh untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. 
Sampaikan pendapat anda jika mempunyai analisa yang berbeda, 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *