Kenali 4 Jenis Bau Terbakar Dari Mobil: Penyebab Utama Dan Solusinya

  • Whatsapp
 Mungkin ada beberapa alasan di balik bau terbakar dari mobil yang Kenali 4  Jenis Bau Terbakar  Dari Mobil: Penyebab Utama Dan Solusinya
Bau terbakar pada mobil

Mungkin ada beberapa alasan di balik bau terbakar dari mobil yang  sebelumnya  kita ketahui dari manau berasal. Perlu kita ketahui bahwa  sebenarnya,  jenis bau ini merupakan salah satu yang dihasilkan oleh beberapa masalah teknis pada  mobil. Dampak buruknya, bau ini akan menimbulkan efek tidak menyenangkan bagi para penumpang didalamnya, juga sedikit menimbulkan kekwatiran atas bau tersebut. Dan bisa jadi, bau terbakar tersebut mengindikasikan terjadi kerusakan pada sistem mobil kita.

Jika anda mengalami hal tersebut pada saat kondisi kendaraan berjalan, maka alangkah lebih baik untuk segera memberhentikan mobil anda. Cari sumber bau dari mana berasal, jika memungkinkan untuk diperbaiki sendiri, maka perbaikilah. Namun, jika ternyata terjadi kerusakan yang parah, maka bawalah mobil anda ke bengkel yang terdekat.  Yang jadi permasalahan adalah bagaimana kita bisa membedakan bau dari masing – masing kasus ?

Read More

4 Jenis-Jenis Umum Bau Terbakar Pada Mobil
Bahawa bau terbakar pada mobil pada umunya berbeda-beda. Bau ini sangat-sangat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengakibatkan rasa kekwatiran bagi para penumpang tentang apa yang sedang terjadi pada kendaraan tersebut. Jadi, marilah kita pelajari secara menyeluruh untuk mengetahui sumber bau terbakar pada mobil.

Bau Karet terbakar pada mobil
Apakah Anda sering mencium bau karet terbakar yang berasal dari kap mobil Anda? ini adalah sebuah kode bahwa mesin anda sudah digunakan begitu lama dan menempuh jarak yang jauh. Ketika hal ini terjadi, maka segeralah anda mencari tahu dari mana sumber bau terbakar itu muncul. Penyebab – penyebab dibawah ini akan menunjukkan alasan lebih spesifik mengapa mobil anda mengalami bau terbakar, berikut ulasannya. 

# 1. Masalah kopling

 Mungkin ada beberapa alasan di balik bau terbakar dari mobil yang Kenali 4  Jenis Bau Terbakar  Dari Mobil: Penyebab Utama Dan Solusinya
Kampas kopling terbakar


Sering kali, bau terbakar dari mobil mungkin berasal dari masalah kopling. Ini terjadi setiap kali Anda memindahkan gigi dan baunya biasanya mirip dengan koran yang terbakar atau bau karet yang terbakar dari mobil. Jadi, Anda dapat mengenali ini dengan cukup mudah.

dalam hal ini, permukaan kopling ( clutch disk ) terbakar ketika bersentuhan dengan roda gila ( flywheel ). Baunya kenyal karena permukaan kopling terbuat dari  jenis jaring asbes campuran. Untuk menghindari hal ini, penting untuk belajar menggunakan kopling dengan benar. Sebagai aturan praktis, jangan mengantung posisi kopling saat berkendara. Melakukan hal ini sering kali menyebabkan penggantian kopling lebih cepat. Jika hal ini terjadi, maka segeralah ganti kampas kopling anda, jika tidak maka kita akan kesulitan dalam proses pemindahan gigi.


# 2. Kondisi V Belt Yang Sudah Rusak

 Mungkin ada beberapa alasan di balik bau terbakar dari mobil yang Kenali 4  Jenis Bau Terbakar  Dari Mobil: Penyebab Utama Dan Solusinya
V Belt yang rusak


Fungsi V Belt adalah sebagai sabuk yang menghubungkan putaran dari poros engkol ke komponen -komponen lain seperti pumpa air, alternator, kompresor AC dan pumpa power steering. Ciri – ciri kerusakan pada V Belt adalah bentuknya yang sudah getas ( keras dan mudah hancur), jika ini terus dibiarkan maka akan menimbulkan gesekan berlebih dan V belt akan terbakar yang menimbulkan bau tidak sedap. Ciri – ciri kerusakan ini biasanya diikuti oleh suarah aneh saat mesin mobil dihidupkan.
Solusi jiak  hal ini terjadi, anda perlu mengganti V Belt  yang rusak dan periksa  V Belt yang lain. Cara terbaik untuk mengindari hal ini adalah periksalah kerenggangan V Belt setiap 1  bulan sekali.

# 3. Oli Yang Bocor

 Mungkin ada beberapa alasan di balik bau terbakar dari mobil yang Kenali 4  Jenis Bau Terbakar  Dari Mobil: Penyebab Utama Dan Solusinya
Oli mesin bocor


Ini adalah salah satu penyebab paling umum bau terbakar pada mobil. Mungkin mobil ada mengalami kebocoran pada paking yang mengakibatkan terjadinya rembesan oli. Rembesan oli yang banyak bisa saja menetes kebawah dan menempel pada knalpot. Akibatnya, akan timbul bau oli terbakar. Atau yang lebih parah, oli yang merembes ke knalpot juga mengakibatkan asap putih pada knalpot. Jika hal ini terjadi, maka solusinya segeralah anda  menghentikan mobil dan periksalah bagian bawah kendaraan. Pastikan seberapa besar kebocoran oli yang terjadi. J
ika sudah tidak memungkinkan, maka segeralah bawah ke bengkel terdekat. Karena mengemudikan mobil dengan kebocoran oli yang banyak akan mengakibatkan sistem pelumasan mesin tertanggu dan dapt merusak komponen mesin lebih parah.

# 4. Air Pendingan Yang Bocor

 Mungkin ada beberapa alasan di balik bau terbakar dari mobil yang Kenali 4  Jenis Bau Terbakar  Dari Mobil: Penyebab Utama Dan Solusinya
Air pendingin bocor


Perlu kita ketahui bahwa, pada mobil juga terdapat sistem pendingin yang mengadalkan air sebagai pendingin mesin. Sistem pendingin pada mesin  menghubungkan antara mesin, pumpa oli dan radiator. Hal yang sering terjadi adalah terjadinya kebocoran pada persambungan – persambungan pipa. Air pendingin yang menetes pada komponen mesin yang panas akan menimbulkan bau kebakar pada mesin. Oleh karena itu, periksalah persambungan – persambungan pada sistem pendingin mobil anda. Jika terjadi kebocoran, perbaikilah dengan membukanya dan mengganti perekat ( sealer ) dengan yang baru.

Jika mobil ada mengalami bau terbakar seperti yang dijelaskan pada artikel diatas, segeralah periksa dari mana sumber bau terbakar bersalah. Jika hal ini diabaikan dalam jangka waktu yang lama maka akan berakibat tidak baik bagi tenaga mesin dan bisa berakibat fatal karena mesin mobil yang tidak bekerja ( mati tiba- tiba ).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *