Kapan Mesin Mobil Anda Harus Di Overhaoul ( Bongkar Mesin ) ? Kenali Ciri – Cirinya

  • Whatsapp

Kerusakan pada mesin merupakan sebuah dampak dari salahnya penggunaan atau perawatan pada kendaraan tersebut. Ini menjadi salah satu momok yang paling menakutkan bagi kebanyak para pemlik kendaraan. Selain harus mengeluarkan uang yang lumayan cukup banyak, waktu perbaikannya juga relatif lama tergantung dari kerusakan yang terjadi.

Jenis  – jenis kerusakan pada mesin memang bermacam – macam, mulai dari kerusakan yang paling kecil seperti pergantian komponen – komponen ringan sampai yang paling parah adalah pembongkaran mesin secara menyeluruh atau kita sering mengenalnya Over Houl. Kalau diibaratkan sakit pada manusia, over houl dilakukan pada mesin – mesin yang mempunyai penyakit kronis yang parah.

Read More

Kapan mesin mobil anda harus di overhoul ? kami menyajikan ciri – ciri yang harus anda kenali agar jangan terlalu gegabah serta mencegah hal – hal yang tidak diinginkan akan kendaraan anda.  Over houl pada  mesin bisa  disebabkan oleh banyak faktor banyak factor. Diantaranya yaitu :

a. Kurang tenaga
Kurang tenaga memang bukan saja diakibatkan oleh komponen mesin yang rusak, namun ini bisa terjadi karena sistem pemindah tenaga seperti kopling yang aus dan memang sudah waktunya diganti. Sebelum memastikan kurangnya tenaga diakibatkan karena komponen mesin yang rusak, maka pastikan komponen – komponen yang berhubungan sistem pemindah tenaga dalam keadaan prima.

b. Asap  terbal dari knalpot
Asap tebal memang menjadi penanda bahwa pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Pembakaran sangat berpengaruh akan setingan bahan bakar pada kendaraan anda. Maka pastikan bahwa setingan bahan bakar kendaraan anda sudah tepat. Namun jika penyetingan campuran sudah tepat dan asap tetap mengepul dari knalpot maka kemungkinan besar oli telah masuk kedalam ruang bakar. Oli bisa berasal dari celah antara piston dengan dinding selindir dan juga dari batang katup yang diakibatkan oleh seal oil batang katup yang sudah rusak

c. Panas yang berlebihan
Untuk mendeteksi panas yang berlebih sangat mudah, anda tinggal melihat amper panas pada dasbord. Selain itu kerusakan pada sistem pendingin juga bisa dilihat dari aliran yang terjadi pada radiator. Normalnya, pada saat mesin hidup dalam kondisi panas, maka aliran pada radiator akan tenang. Namun, jika terjadi kebocoran kompres, maka aliran pada air radiator akan diikuti oleh gelembung – gelembung. Ini semua bisa kita lihat dengan cara membuka tutup radiator pada suhu kerja mesin. Dan pastikan anda selalu berhati – hati jika melakukan hal ini.

d. Oli bocor 
Oli yang bocor akan mudah kita lihat dari tetesan ataupun rembesan. Apabila ini terjadi, maka cukup hanya penggantian seal oli atau paking pada komponen – komponen yang terkait. Namun kebocoran oli yang dikhawatirkan adalah jika oli dan air pendingin terjadi kebocoran ( bercampur ). Ini dapat kita deteksi dengan mencabut stick oli dan lihat kwalitas warnanya. Jika warnanya berubah dari keadaan normal ( agak keputihan ), maka bisa disimpulkan hal ini telah terjadi.

e. Suara yang abnormal saat mesin hidup
Suara tidak normal memang membutuhkan kejelihan dalam mendengarnya. Apakah suara tidak normal ditimbulkan oleh komponen pemindah tenaga atau dari dalam mesin. Jika bunyi – bunyi yang ditimbulkan beraksi karena kendaraan berjalan, bisa jadi ada komponen dikolong mobil yang kendor. Nanum jika bunyi yang ditimbulkan karena bekerjanya mesin, kemungkinan ada komponen mesin yang oblak ( aus dan mengakibatkan goyang ).

Hal-hal diatas  merupakan kebanyakan alasan untuk melakukan overhoul/reparasi mesin. Kadang-kadang keluhan dapat diatasi tanpa melepas keseluruhan komponen, tetapi hanya melepas komponen tertentu saja atau kelengkapan yang terpasang pada mesin. Hal ini biasa saja diakibatkan oleh sistem bahan bakar, sistem pendinginan, sistem pelumasan, sistem kelistrikan dan sistem pembuangan yang mungkin saja merupakan sumber dari gangguan mesin.

Gangguan lain dapat saja hanya diperlukan melepas kepala silinder atau panci oli, yang mana gangguan tersebut dapat diatasi tanpa harus melepas mesin dari kenderaan. Prosedur ini dapat dikatakan semi overhoul/reparasi, tetapi untuk pekerjaan overhoul/reparasi total maka mesin harus dilepas dari kenderaan.

Oleh karena itu jika anda tidak menginginkan terjadinya ovelhoul pada mesin kendaraan anda, maka rawatlah dengan baik dan gunakanlah sesuai dengan standart pada kendaraan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *