Jenis – Jenis Syncronizer Pada Transmisi Manual

  • Whatsapp
 Transmisi manual pada kendaraan modern menggunakan  Jenis - Jenis Syncronizer Pada Transmisi Manual

Read More

Transmisi manual pada kendaraan modern menggunakan synchronizer untuk menghilangkan penggunaan kopling ganda. Synchronizer berfungsi agar collar dan gear dapat melakukan kontak gesek sebelum dogteeth melakukan kontak, sehingga collar dan gear synchronize bisa berputar sebelum beriginya bertautan, seperti berikut ini:

Cone pada gear biru masuk ke dalam area bentuk-cone pada collar, dan gesekan antara cone dan collar mensinkronasikan collar dan gear. Bagian luar pada collar kemudian berputar sehingga dogteeth dapat mengait gear. Setiap fabrik pembuat merancang transmisi dan synchros dengan cara berbeda, namun cara diatas adalah yang paling umum dipakai.

 Transmisi manual pada kendaraan modern menggunakan  Jenis - Jenis Syncronizer Pada Transmisi Manual

Synchronizer adalah drum atau sleeve yang berputar ke belakang dan ke depan pada ulir output shaft melaui alat yang disebut dengan shifting fork.  Umumnya terbuat dari kerucut perunggu pada setiap sisinya yang bertautan dengan permukaan cone pada gigi dua dan tiga.  Ketika drum ini bergerak terus pada output shaft, cones akan bertindak sebagai kopling.

Synchronizer terbuat dari perunggu agar saat bekerja, ia dapat menahan gigi percepatan ( berfungsi sebagai rem ), ditambah dengan adanya ulir-ulir pada bagian dalamnya.

Pada gear yang terkait bersentuhan, output shaft berputar naik atau turun sesuai dengan kebutuhan sampai output shaft dan gear menjadi sinkron. Kejadian ini terjadi selama shift lever sebagian digerakkan.  Setelah shift lever selesai dipindahkan drum dan gear akan bergerak menjadi mengait secara utuh.

Kejadian tersebut dapat kita pahami dengan mengikat bahwa hub pada drum berputar dari ulir output shaft untuk mengait cone, kemudian drum berputar pada hub untuk mengait gear.
Semenjak teknologi untuk transmisi manual mengalami kemajuan, model cone double atau triple banyak digunakan pada hampir semua kendaraan.

Tujuan dari sistem ini adalah untuk meningkatkan kualitas perpindahan gigi, khususnya untuk ke satu dan ke dua dimana pengemudi merasakan adanya kejutan saat perpindahan gigi tersebut.

Beberapa model pada synchronizer cone tipe double atau triple, dipakai struktur perekat foil lining yang kapasitas dan ketahanannya lebih unggul. Untuk selanjutnya akan terus ditingkatkan pengurangan kejutaan saat perpindahan gigi ke satu dan ke dua juga peninggkatan ketahanan material yang digunakan untuk mencegah terjadinya kesalahan perpindahan gigi dikarenakan overheat atau terbakar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *