Jenis – Jenis Roda Gigi Pada Transmisi Manual

  • Whatsapp

Transmisi memiliki banyak roda gigi didalamnya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Roda gigi yang berkaitan adalah roda gigi yang kecepatan, sedangkan roda gigi munndur tidak berkaitan pada kondisi netral.

Roda gigi yang terpasang pada poros output akan dapat berputar pada porosnya. Hal ini berbeda dengan roda gigi pada yang ada pada counter gear yang sudah menempel pada poros / bersatu semuanya.

Read More

Banyaknya jumlah gigi percepatan akan sama dengan jumlah roda gigi pada counter gear. Contoh, jika sebuah transmisi memiliki 5 kecepatan + 1 gigi mundur maka jumlah gigi counter gear mempunyai gigi sebanyak 6 buah.

Setiap gigi percepatan akan didampingi oleh sebuah sincronizer ring yang berfungsi untuk menyamanakan putaran antara gigi percepatan dengan hub sleeve saat terjadi perpindahan gigi. Kesulitan perpindahan gigi bisa disebabkan oleh sincronizer ring yang sudah aus sehingga daya pengeremannya berkurang.

Pada transmisi terdapat 2 jenis roda gigi yaitu :

a. Roda gigi Helixs

 Transmisi memiliki banyak roda gigi didalamnya yang saling berkaitan satu dengan yang lai Jenis - Jenis Roda Gigi Pada Transmisi  Manual
Roda gigi helix yang ditandai dengan kotak merah


Roda gigi helix adalah  jenis roda gigi yang memiliki bentuk spiral ( miring ). Jenis roda gigi ini digunakan pada roda gigi percepatan yang saling berkaitan dengan gigi pada counter gear. Mekanisme perindahan giginya menggunakan sistem kopling ( cluth hub ). Pada posisi netral, gigi helix dapat berputar ( tidak mengunci ) pada poros output. Namun jika pada kondisi masuk gigi, maka gigi helix akan terkunci pada poros output akibat dari menempelnya cluth yang menghubungkannya dengan hub sleeve.

b. Roda gigi Spurs

 Transmisi memiliki banyak roda gigi didalamnya yang saling berkaitan satu dengan yang lai Jenis - Jenis Roda Gigi Pada Transmisi  Manual
Roda gigi spurs yang ditandai dengan kotak kuning


Roda gigi spurs adalah roda gigi yang memiliki bentuk lurus terhadap garis diagonal. Jenis roda gigi ini pada transmisi digunakan untuk roda gigi mundur yang terdiri pada roda gigi mundur poros output, roda gigi mundur counter gear dan idle gear. Ketiga roda gigi ini tidak saling berkaitan pada posisi normal. Ketiganya akan berkaitan jika transmisi pada posisi mundur, ini karena jenis gigi spurs memunyai mekanisme perkaitan menyatuh dan melepas. Karakteristik yang lain pada roda gigi spurs adalah digunakan untuk perbandingan kecepatan – kecepatan rendah. Atas dasar itulah, dia digunakan pada gigi mundur.

 Transmisi memiliki banyak roda gigi didalamnya yang saling berkaitan satu dengan yang lai Jenis - Jenis Roda Gigi Pada Transmisi  Manual
Sincrhonizer Ring Transmisi

Kerusakan yang sering terjadi pada transmisi pada umumnya disebabkan oleh sincronizer yang sudah aus. Keausan pada sincronizer ring  ini akan mengibatkan melemahnya daya pengereman untuk memperlambat putaran  gigi percepatan saat perpindahan gigi agar bersatu dengan hub sleeve. Gejala ini akan mudah dirasakan oleh pengemudi yang kesulitan saat perpindahan gigi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *