Jenis – Jenis Penggerak Roda Pada Mobil Berdasarkan Letak Mesin ( FF,FR,MR,RR,4WD )

  • Whatsapp

Setiap kendaraan mempunyai jenis mekanisme penggerak roda yang berbeda-beda. Ini tergantung dari jenis mobil yang digunakan. Karena setiap masing – masing desain mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri. Sehingga para pabrikan juga harus menyesuaikan hal ini denagan mobil yang akan dibuatnya. Selain itu dengan jenis mobil yang sama namun jenis penggerak rodanya berbeda, maka harganya juga berbeda. Ini sangat berkaitan dengan banyaknya komponen yang digunakan pada jenis pemindah tertentu.

Adapun jenis – jenis penggerak roda mobil berdasarkan letak mesinnya yaitu :

Read More

1. Front Engine Front Drive ( FF )



Secara harfiah jika diartikan ke bahasa Indonesia maka artinya adalah mesin letaknya didepan dan menggerakkan roda depan. Jenis penggerak ini banyak digunakan pada mobil – mobil kecil dengan bobot penumpang yang tidak terlalu banyak. Biasanya digunakan pada mobil – mobil City Car yang memang sangat cocok untuk dipakai berlalulalang didalam kota. Namun Ada juga sebagian mobil – mobil SUV ( Sport Utility Vehicle ) yang menggunakan jenis penggerak ini.

2. Front Engine Rear Drive ( FR )



Letak mesin masih sama dengan yang tipe FF, dimana mesin letaknya didepan dan menggerakkan roda belakang. Jenis ini digunakan pada mobil – mobil yang mempunyai daya angkut lumayan banyak seperti MPV ( Multi Purpose Vehicle ). Tetapi ada juga beberapa mobil jenis sedan yang menggunakan jenis ini karena kelebihannya dibanding penggerak roda depan.

3. Mid Enggine Rear Drive 

Jenis penggerak roda ini adalah mesin berada ditengah dan penggerak roda belakang. Jenis ini memang tidak sebanyak jenis-jenis FF atau FR. Seiring dengan perkembangan waktu, jenis penggerak roda Mid Enggine Rear Drive sudah jarang diproduksi. Kalau menurut analisa saya, letak mesin ditengah akan sangat mengganggu desain dari lantai kabin kendraan yang mungkin tidak akan rata. Dan solusi memindahkan mesin ke bagian depan ( memberikan bonet ) adalah cara yang baik sebagai salah satu safety saat terjadi benturan ( kecelakaan).

4. Rear Enggine Rear Drive



Jenis penggerak roda ini adalah dimana mesin terletak dibelakang dan menggerakkan roda belakang. jenis penggerak ini banyak dipakai pada mobil – mobil yang dibuat untuk kecepatan tinggi seperti Buggati ataupun Formula 1. Secara mekanisme, jenis penggerak ini memang memiliki banyak kelebihan dibanding FF ataupun FR.

5. 4 WD ( Four Wheel Drive ) 



Pada jenis penggerak roda 4WD ( Four Wheel Drive ) dimana keempat roda pada kendaraan berputar ( bergerak ). Pengaturan ini bisa dilakukan dengan memindahkan tuas transmisi dari  kondisi normal 2WD ( Two Wheel Drive ) ke 4WD ( Four Wheel drive ). Jenis ini digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang didesain pada medan-medan berat seperti pertambangan, perkebunan ataupun Offroad. Secara kelebihan, jenis ini akan sangat mudah melibas setiap medan yang sulit, namun mekanisme yang rumit membuat harga mobil jenis ini juga lumayan mahal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *