Jenis – Jenis Chasis Kerangka ( Frame ) Yang Digunakan Pada Kendaraan Mobil

  • Whatsapp

Kendaraan mobil terdiri dari bergai macam sistem yang mendukung agar dapat bekerja secara maksimal. Salah satu komponen yang penting akan kinerja kendaraan dan keselamatan bagi para penumpang didalamnya adalah rangka atau dalam bahasa inggrisnya Frame.

Kerangka yang ada pada mobil haruslah ringan dan kuat. Bukan hanya itu, namun juga harus dapat menjamin keselamatan bagi pada penumpangnya saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu para perusahaan – perusahaan otomotitf terus memacu untuk mengembangkan terknologi rangka pada kendaraannya.  Dari sisi lain, kerangkan yang dinamis yang sesuai dengan jenis kendaraan juga akan berdampak baik  pada konsumsi bahan bakarnya.

Read More

Bahkan dalam perkembangan terbarunya, khusus kerangka mobil – mobil sedan sudah menggunakan teknologi yang dapat meminimalisir benturan pada penumpang. Teknologi ini bekerja dengan cara menyerap benturan pada bagian kerangka depan dan kerangka bagian depan tersebut dibuat lebih lunak dibanding pada kerangka bagian kabin. Sehingga ketika terjadi kecelakaan, penumpang pada bagian kabin diminimalisir terkenan benturan.

Adapun jenis – jenis kerangka yang ada pada kendaraan mobil adalah sebagai berikut :

1. Ladder Frame


Ladder frame memiliki adalah kerangka  berbentuk tangga yang berada di bagian bawah body. Kerangka  tangga ini berkonstruksi solid dan kuat yang terpisah dari body. Artinya, bodi kendraan dapat dipisahkan ( dibongkar ) dari kerangka.  Karena konstruksinya, kerangka  ladder frame memiliki bobot yang berat dan mobil menjadi terlihat lebih tinggi. Antara kerangka  dan body disatukan dengan sebuah dudukan (mounting) yang dibaut. Keberadaan mounting ini juga membantu menyerap guncangan dari jalan sehingga tidak langsung disalurkan ke body atau kabin. Ini karena pada mounting tersebut sudah ditambahkan karet peredam kejut yang ditimbulkan oleh jalan yang tidak rata.

Jenis rangka ladder fram digunakan pada kendaraan  – kendraan besar yang memang berfungsi untuk mengangkar beban – beban berat seperti bus, truk dan kendraan niaga lainnya. Nanum ternyata jenis Ladder frame ada juga yang digunakan pada mobil – mobil MPV ( Multi Purpose Vehicle ), alasannya memang karena ketangguhan jenis kerangka ini yang dapat digunakan disemua medan perjalan.

2. Monocoque Frame 

Kendaraan mobil terdiri dari bergai macam sistem yang mendukung agar dapat bekerja secara  Jenis - Jenis Chasis Kerangka ( Frame ) Yang Digunakan  Pada Kendaraan Mobil
Monocoque Frame


Jenis kerangka monoque adalah jenis penggabungan antara kerangka dan bodi kendraan. Kita tidak akan melihat adanya kerangka pada mobil ini, apalagi melihat konstruksi tangga pada bagian bawah kendaraan seperti pada model ladder frame.  Konstruksi kerangka  monoque dapat  membuat mobil menjadi lebih rendah ke tanah sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, kelemahan jenis kerangka jenis ini adalah terbatas pada beban yang diangkutnya, ini karena tidak adanya penopang yang kuat pada bagian bawah.

Karakteristik dari jenis kerangka monoque ini adalah beratnya  yang ringan jika dibanding ladder frame. Dan ini akan sangat bermanfaat bagi efisiensi konsumsi bahan bakar yang irit. Selain itu  kita juga akan merasakan  memiliki pegendalian yang baik. Sasis monocoque banyak digunakan pada mobil pribadi dan mobil kecil lainnya seperti hatchback dan sedan. Crossover dan SUV perkotaan juga menggunakan sasis monocoque  untuk memaksimalkan pengendalian (handling)  dan efisiensi konsumsi BBM berkat bobotnya yang lebih ringan.

3. Backbone Frame

Kendaraan mobil terdiri dari bergai macam sistem yang mendukung agar dapat bekerja secara  Jenis - Jenis Chasis Kerangka ( Frame ) Yang Digunakan  Pada Kendaraan Mobil
Backbone Frame

Kerangka backbone adalah jenis sasis konstruksi mobil yang sangat  mirip dengan desain tangga ( ladder frame). Alih-alih menggunakan struktur tipe tangga yang menggunakan  2 batang besi penyangga, jenis ini hanya  terdiri dari satu batang besi kuat seperti pada tulang punggung manusia. Konstruksi kerangka ini  kuat,  dia langsung menghubungkan suspensi bagian depan dan belakang serta langsung menjadi dudukan bearing dari beberapa komponen.

Desainnya sangat sederhana, dimana hanya terdiri dari sebuah besi bulat yang mana didalamnnya terdapat rumah poros penggerak dari mesin bagian depan ke roda – roda belakang. Soal keamanan, jenis kerangka ini tidak memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pengemudinya apabila terjadi tabrakan dari samping.

4. Tubular Space Frame

Kendaraan mobil terdiri dari bergai macam sistem yang mendukung agar dapat bekerja secara  Jenis - Jenis Chasis Kerangka ( Frame ) Yang Digunakan  Pada Kendaraan Mobil
Tubular Space Frame


Krangka  tubular adalah jenis kerang yang menggunakan puluhan besi berbentuk bulat ( pipa ) dan  beberapa mungkin menggunakan besi berbentuk  persegi untuk menghubungkan konstruksi yang lebih mudah ke panel bodi,  walaupun sebenarnya menggunakan besi jenis bulat akan memberikan kekuatan yang maksimum. Ini karena dapat menerima beban  posisi dalam arah yang berbeda untuk memberikan kekuatan mekanis terhadap kekuatan dari mana saja. Tabung-tabung ini dilas bersama dan membentuk struktur yang sangat kompleks, seperti yang ada pada gambar diatas.

Ada dua hal yang sangat penting yang harus dicapai dalam merangcang rangka pada mobil – mobil balap pada kecepatan tinggi. Yang mana syarat tersebut adalah kerangka harus ringan dan kaku ( rigid ). Rangka yang ringan itu sangat penting dalam hal untuk mendapatkan akselerasi yang sempurna yang didapatkan dari tenaga mesin. Sedangkan rangka yang kaku  ( Rigid ) juga sangat penting, dimana kekakuan pada rangka diharapkan dapat mempertahankan kontrol yang tepat pada geometri suspensi yang bertujuan  untuk menjaga roda tetap bersentuhan dengan permukaan arena balap ( tidak ada satu bagian roda yang terangkat ).

Sayangnya kedua tujuan ini sering kali bertentangan dan sangat susah dalam aplikasinya. Desain terbaik untuk mencapai keduanya  antara berat dan kekakuan adalah bagian dari seni dan ilmu teknik mobil balap. Karena rangka jenis ladder frame tidak  cukup kuat  dan memberikan nilai kekakuan kecil, insinyur balap motor mengembangkan desain 3 dimensi ( triangle )  yang terbuat dari  besi – besi bulat yang diapakai pada bekerangka jenis Tubular.

5. Alumunium Space Frame

Kendaraan mobil terdiri dari bergai macam sistem yang mendukung agar dapat bekerja secara  Jenis - Jenis Chasis Kerangka ( Frame ) Yang Digunakan  Pada Kendaraan Mobil
Alumunium Space Frame

Dari sejarahnya jenis rangka space frame pertama kali diaplikasikan pada Audi A8. Mobil ini  diproduksi massal yang pertama  menggunakan chassis Aluminium Space Frame (ASF). Pengembangannya dilakukan bersama dengan pabrik  aluminium di Amerika Serikat yaitu  Alcoa. ASF dimaksudkan untuk menggantikan jenis rangka  monocoque baja konvensional yang tujuan  utamanya adalah  untuk memperoleh berat yang  ringan dan struktur yang kuat.

Audi mengklaim ASF A8 beratnya  40% lebih ringan dan 40% lebih kaku dari pada monocoque baja terdahulunya.  Ini memungkinkan A8 yang dilengkapi 4WD ( Four wheel Drive ) lebih ringan dari BMW 740i. ASF sendiri terdiri dari bagian aluminium ekstrusi, komponen die casting vakum dan lembaran aluminium dengan ketebalan yang berbeda. Mereka semua terbuat dari paduan aluminium  dengan kekuatan yang sangat  tinggi.

Pada sudut dan sambungan yang sangat diperhatikan, bagian yang diekstrusi dihubungkan dengan pengecoran logam aluminium yang kompleks (node). Selain itu, metode pengencangan dengan mekanisme terbaru dikembangkan untuk menyambung  bagian-bagian komponen yang lain. Jenis rangka ini  cukup rumit dan biaya produksi jauh lebih tinggi daripada monocoque baja yang biasa. Sehingga harga jual mobilnya pun lebih mahal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *