Inilah Penyebab Mengapa Rem Berbunyi Saat Diinjak Pada Kondisi Mobil Berjalan

  • Whatsapp
 adalah komponen yang berfungsi sangat vital bagi keselamatan berkendara Inilah  Penyebab Mengapa Rem Berbunyi Saat Diinjak Pada Kondisi Mobil Berjalan

Rem adalah komponen yang berfungsi sangat vital bagi keselamatan berkendara. Dengan adanya rem pengemudi dapat mengurangi kecepatan dan memberhentikan mobil dimanapun berada. Oleh karenanya, menjaga kondisi rem agar tetap maksimal adalah hal wajib bagi setiap pemilik kendaraan guna keselamatan berkendara.

Terkadang, mobil mengeluarkan bunyi gesekan saat rem diinjak pada saat mobil kondisi berjalan. Ini adalah peringatan dari sistem rem yang memberitahu anda bahwa ada sesuatu yang salah dengan rem atau komponen yang berkaitan. Jangan meremehkan bunyi yang timbul saat rem diinjak, karena jika ini diabaikan bisa berakibat fatal.

Read More

Banyak pemilik mobil yang sering mengabaikan bunyi ini, alasannya karena mungkin nanti akan normal kembali atau biaya perbaikan yang lumayan mahal.Namun sesungguhnya ini adalah kesalahan yang fatal, karena jika diabaikan akan semakin berbahaya dan menambah ongkos perbaikan untuk memperbaiki komponen – komponen yang rusak.

Rem mempunyai cara kerja dengan cara menekan piringan rotor menggunakan Pad. Pemakaian yang lama akan mengakibatkan keausan pada kedua komponen tersebut, oleh sebab itu menganalisa bunyi yang timbul saat rem diinjak adalah solusi terbaik agar kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Adapun penyebab rem berbunyi saat diinjak pada saat mobil berjalan adalah sebagai berikut :

1. Mobil Jarang Digunakan 

Mobil yang tidak sering dipakai ( dikendarai ) akan mengakibatkan timbulnya karat atau korosi pada bagian piringan rotor. Karat yang terbentuk akan menimbulkan gesekan dengan Pad rem saat roda berputar. Gesekan inilah yang menimbulkan bunyi saat rem bekerja. Faktor cuaca sangat memperangruhi hal ini, oleh karenanya anda harus mengendarai mobil tersebut dengan teratur, jika memang tidak digunakan dalam waktu lama maka mencari lokasi penyimpanan mobil yang baik adalah salah satu solusinya.

2. Ada Benda Asing Diantara Rotor Dan Pad Rem

Benda asing ( batu kerikil ) yang menempel diantara pad rem dan piringan rotor akan menimbulkan suara saat rem diinjak. Ini karena benda asing yang sifatnya keras akan bergesekan dengan piringan rotor yang juga sama – sama keras. Selain menimbulkan bunyi, benda asing yang menempel ini juga dapat merusak piringan ataupun pad rem.

3. Pad Rem Yang Telah Aus

Pad rem yang dipakai dalam waktu lama akan mengakibatkan aus. Aus pada pad rem akan mengakibatkan plat pad rem bersentuhan dengan rotor piringan dan menimbulkan suara mencicit. Jika ini diabaikan, dudukan pad rem yang terbuat dari besi akan bergesekan dengan piringan rotor. Ini sangat berbahaya dan merugikan. Segera ganti pad rem adalah solusinya.

4. Kualitas Pad Rem Yang Tidak Baik

Banyak orang berpikir bahwa dengan membeli pad rem yang kualitas rendah adalah cara terbaik untuk menghemat biaya pengeluaran. Tetapi sebenarnya cara itu adalah salah kaprah, karena sesunggunya kwalitas pad rem yang buruk dibuat denan bahan material yang sama kerasnya dengan piringan rotor. Sehingga hal ini akan menimbulkan kerusakan yang parah pada rotor piringan. Jika ii rusak, biaya perbaikannya akan semakin mahal

5. Bantalan Roda Sudah Rusak

Bantalan roda yang rusak akan mengakibatkan putaran roda menjadi tidak seimbang. Biasanya bunyi yang ditimbulkan oleh kerusakan bantalan adalah suara yang mempunyai ritme tertentu. Kerusakan yang ditimbulkan akan mengakibatkan keausan tidak merata pada piringan rotor. Untuk memeriksa bearing yang rusak, anda dapat mengangkat kendaraan dan menggoyangkan roda secara diagonal.

6. Piringan Rotor Aus

Piringan  rotor yang sudah aus  adalah penyebab yang mungkin menimbulkan suara menjengkelkan dari sistem pengereman. Disk rotor yang tidak rata akan menyebabkan bunyi mencicit. Cakram rotor yang terlalu aus  akan menghasilkan bunyi gesekan. Selain itu, rotor yang aus akan menyebabkan banyak getaran dari sistem pengereman. Getaran ini datang dalam bentuk yang tidak teratur dan Anda dapat dengan mudah merasakannya melalui pedal rem.

7. Baut Califer Yang Kurang Pelumas

 adalah komponen yang berfungsi sangat vital bagi keselamatan berkendara Inilah  Penyebab Mengapa Rem Berbunyi Saat Diinjak Pada Kondisi Mobil Berjalan
Memasang baut califer rem

Ini memang jarnag terjadi, namun SOP nya pada saat service rem maka baut califer harus dilumasi dengan grease ( gemuk ). Baut yang tidak dilumasi saat dipasang akan menimbulkan bunyi mencicit saat rem diinjak. Maka tidak ada salahnya untuk memeriksa pelumas pada baut califer saat terjadi bunyi pada sistem rem.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *