Ini Dia Perbedaan Antara Apple Car Play Dengan Android Auto

  • Whatsapp

Perkembangan teknolgi pada mobil sepertinya menjadi lahan empuk bagi perusahaan – peruhaan pengembang perangkat pintar. Meledaknya era digitalisasi yang biasanya hanya ada pada smarphone, sekarang sudah mulai merambah pada peranti di mobil. Mereka mulai membuat aplikasi yang dapat terhubung pada kendaraan.

Seperti kita ketahui bahwa pemain besar sistem operasi smartphone saat ini yaitu Android dan Apple. Kedua pabrikan tersebut telah memulai debutnya dengan merambah di dunia otomotif. Bukan sebagai sistem keamanan, namun mereka telah memudahkan pengemudi dalam setiap aktifas berponsel ria tanpa khawatir akan mengganggu konsentrasi dalam berkemudi.

Read More

Intinya, mereka telah membuat era berkemudi modern yang menambah rasa kenyaman dalam setiap berkendara. Semua yang ada dilayar pintar mereka dengan sangat mudah bisa berpindah pada layar Head Unit mobil.  Digadang-gadang, teknologi ini termasuk dalam 10 teknologi populer di tahun 2020 pada bidang otomotif.

Lantas apa pebedaan antara Apple Car Play Dengan Android Auto ? simak penjelasan berikut ini.

1. Pengaturan

Sebelum anda menggunakan  Android Auto, maka Anda harus mengunduh aplikasi di ponsel Anda, sambungkan port USB Anda ke sistem pada mobil. Setelah terhubung maka Anda memungkinkan untuk melalukan  kontrol  yang ada pada aplikasi layaknya pada smarphone. Layar akan muncul pada head mobil anda dengan mudah.

Menurut pengguna, tampilan layar aslinya pada smarphone itu lebih baik dibandingkan tampilan layar pada head unit di mobil.

Penggunaan Apple Carplay semudah menggunakan Android Auto . Kalian tinggal memasukkan telepon Anda ke head unit . Seperti pada  Android Auto, pada Apple Car Play  ada beberapa aplikasi yang dapat Anda akses diantaranya meliputi podcast, musik, panggilan, teks, dan tentu saja, peta.

Namun sayangnya Apple CarPlay hanya akan berfungsi dengan iPhone tipe model 5 ke atas, dan tidak didukung di oleh setiap kendaraan. Apple sudah  mencantumkan kendaraan yang tidak kompatibel dengan aplikasinya, tentunya ini harus anda ketahui sebelum  memilih untuk membeli kendaraan tersebut. Ada juga opsi untuk mengubah sistem yang sudah ada di mobil Anda menjadi yang kompatibel, namun itu butuh biaya yang mahal.


2. Kontrol Suara 

Kontrol suara adalah sesuatu yang kita semuanya sudah  terbiasa, tetapi masih ada kekurangannya. Google dikenal sebagai juara pada bidang  ini, karena teknologi mereka adalah salah satu yang paling canggih saat ini. Dengan opsi kontrol suara baru datang ke Google, ini adalah waktu yang tepat untuk mengujinya.

Sejak tahun 2005 Andorid yang telah bekerjasama dengan Google dan pastinya kontorol suara Android Auto sudah mendapat sentuhan dari teknologi Google.

Kontrol suara cukup mudah menggunakan Android Auto, meskipun harus ada penggunaan opsi mikrofon di mobil mana pun yang Anda gunakan. Itu artinya tidak sepenuhnya membuat kita hands free ( harus melakukan sentuhan ). Menggunakan kontrol suara mungkin akan  berisiko salah dengar oleh sistem, namun nampaknya google sudah dangat cerdik mengatasi hal ini.

Sebaliknya Apple CarPlay di sisi lain hampir seluruhnya didasarkan pada printah kontrol  suara sebagai metode untuk menjaganya tetap Hands Free (bebas tangan). Ini bagus secara teori karena akan mengurangi kemungkinan kecelakaan  karena penggunaan telepon, tetapi juga membawa masalah sendiri.

Namun sayangnya Siri (Apple Car Play )  dikenal mempunyai kemampuan pendengaran yang buruk,  tentu metode ini dapat menyebabkan lebih banyak masalah dari pada solusi.


3. Panggilan Dan Pesan 

Melakukan panggilan atau mengirim teks saat mengemudi bukanlah ide yang baik karena akan menimbulkan bahaya. Dengan CarPlay dan Android Auto, Anda tidak perlu lagi menggunakan sentuhan tangan untuk melakukan kedua hal tersebut.

Jika Anda perlu mengirim teks atau membuat panggilan dengan tanpa repot, maka anda bisa melakukan ini dengan baik dengan metode handsfree. Android Auto sangat canggih karena dapat membuat teks berdasarkan dikte dengan sedikit kesalahan.

Sedangkan Apple CarPlay memiliki sistem serupa yang sama-sama  bebas genggam, anda bisa melakukan  panggilan suara, mendikte teks dan juga membaca  teks kiriman  yang telah Anda terima saat mengemudi.

4. Navigasi

Sama seperti Google Maps yang tetap menjadi raja peta teknologi, maka bisa kita simpulkan bahwa navigasi Android Auto lebih unggul, lagi-lagi karena sentuhan tangan google. Dilengkapi dengan  lebih banyak pilihan, ini sangat berbeda jauh dari Apple Car Play.  Jadi pada kesimpulannya, Andorid Auto telah membunuh Apple Car Play dalam hal navigasi.

5. Audio

Android Auto memiliki pilihan dalam hal musik. Ada satu beragam  aplikasi streaming musik dari pihak ketiga yang dapat digunakan oleh  sistem. Mereka juga memiliki kemampuan untuk diakses secara hands-free. Melompat dari platform ke platform tidak perlu repot  dengan sistem ini.

CarPlay juga memiliki beberapa opsi selain layanan streaming musik Apple. Ada aplikasi yang dapat diunduh dan dinikmati melalui aplikasi dan dimainkan melalui sistem. Kedua sistem ini telah merencanakan streaming musik menjadi yang paling penting.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *