Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Pembongkaran Diffrential ( Gardan )

  • Whatsapp

Diffrential dalam bahasa Indonesia Difrensial adalah komponen mobil yang termasuk dala kategori pemindah tenaga. Difrensial menerima putara dari transmisi yang selanjutnya akan diteruskan ke roda penggerak kanan dan kiri. Putaran pada setiap roda akan diatur sedemikian rupa agar tetap nyaman dalam berkendara. Apakah dalam keadaan berjalan lurus atau berbelok, dimana pengaturan kedua kondisi tersebut berbeda.

Pengaturan putaran roda kanan dan kiri inilah menjadi tugas utama difrensial untuk mencegah terjadinya slip pada sebagian roda. Slip yang terjadi pada roda akan berdampak buruk terhadap ban karena mengakibatkan aus ( menipis ) serta menimbulkan rasa kurang nyaman dalam berkendara.

Read More

Kerusakan yang terjadi pada diffrensial bergaman macam, jika hal ini terjadi segeralah lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Karena komponen-komponenya yang komplek serta mekanisme kerjanya yang rumit, maka kita membutuhkan panduan dalam setiap pembongkaran.

Berikut ini adalah panduan yang dapat anda lakukan untuk melakukan Over Houl difrensial yang dilengkapi dengan cara pengukuran beberapa komponen didalamya.

Persiapan Sebelum Membongkar 

Pasangkan Differential Carrier pada stand Differential Overhaul. Buatlah tanda untuk membedakan tutup bearing kiri dan kanan.

Pmeriksaan  Sebelum Membongkar 


1.  PEMERIKSAAN CELAH RING GEAR ( BACKLASH )

  • Pasangkan dial gauge berikut stand dengan posisi jatuhnya jarum dial tegak lurus ( 90o ) terhadap gigi ring gear  untuk medapatkan keakuratan hasil pengukuran
  • Goyangkan ring gear dari kiri kekanan secara berulang – ulang dari posisi mentok kiri sampai mentok kanan 
  • Lakukan hal tersebut pada minimal 4 posisi
  • Baca berapa besar nilai yang ditunjukkan oleh jarum

2.  PEMERIKSAAN KELENGKUNGAN RING GEAR ( RUN OUT )
  • Pasangkan dial gauge berikut stand dengan posisi jarum dial berada pada bagian punggung ring gear  
  • Putar ring gear dan baca run out ring gear
3.  PEMERIKSAAN PRELOAD DRIVE PINION
  • Pemeriksaan preload ini dapat dilakukan jika Differential case sudah dilepaskan terlebih dahulu
  • Jika pengukuran dilakukan menggunakan spring scale, maka arah tarikan spring scale harus membentuk sudut 90o
Untuk mengetahui perbedaan pengukuran Backlas dan Freeload pada difrensial kami telah membahasnya pada artikel sebelumnya Perbedaan Baclas dan Freeload dan pengukuraannya pada difrensial. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *