Hal – Hal Yang Harus Anda Ketahui Ketika Menderek Mobil ( Towing )

  • Whatsapp
 membeli kendaraan baru dengan kapasitas penarik  Hal - Hal Yang Harus Anda Ketahui Ketika Menderek Mobil ( Towing )

Ketiak anda  membeli kendaraan baru dengan kapasitas penarik 3000 kg, berarti yang ada dibenak anda adalah bahwa kendaraan tersebut dapat menarik caravan 3.0 ton, apakah benar demikian ? belum tentu. Ada faktor-faktor lain yang menentukan seberapa besar beban yang dapat ditariknya seperti kekuatan towbar dan berat total kendaraan derek.

Untuk memahami faktor -faktor lainnya, anda juga perlu mengusai dasar – dasar terminologi menarik. Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut :

BERAT TRAILER

Read More

Trailer (termasuk karavan, pelampung kuda, dan sebagainya) biasanya dinilai berdasarkan berat totalnya, yang berarti berat tanpa muatan mereka (juga dikenal sebagai berat bersih) atau ditambah muatan maksimum yang dapat mereka bawa.

Ada dua bobot total yang berbeda untuk dipertimbangkan yaitu :

A. Aggregate trailer mass (ATM)
Ini adalah berat bersih dari trailer ditambah muatan maksimumnya ketika tidak terpisahkan dari kendaraan. Ini juga disebut sebagai berat trailer kotor.

B.Gross trailer mass (GTM)
Ini adalah berat trailer yang terisi penuh pada gandarnya sendiri, yang akan lebih kecil dari ATM karena tidak termasuk axle shaft roda  trailernya. Jangan bingung dengan berat trailer kotor, yang merupakan nama lain untuk ATM.

 membeli kendaraan baru dengan kapasitas penarik  Hal - Hal Yang Harus Anda Ketahui Ketika Menderek Mobil ( Towing )


BERAT KENDARAAN

Kerb Weight : Ini adalah berat kosong kendaraan dengan tangki penuh bahan bakar, dan tidak termasuk muatan seperti penumpang, bagasi, dan aksesori seperti bullbar atau rack roof.

Gross vehicle mass (GVM): Berat total kendaraan derek – Kerb Weight ditambah muatan termasuk penumpang, koper, dan aksesori.

MASS COMBINATION GROSS (GCM)

Ini adalah total berat maksimum yang diperbolehkan untuk kendaraan dan trailer dan merupakan jumlah dari GVM kendaraan dan ATM trailer.

TOWING CAPACITY

Sebagian besar mobil memiliki kapasitas penarik resmi, yang dinyatakan oleh pabrikan dan mengacu pada ATM trailer maksimum yang dapat ditarik kendaraan secara efisien dengan tetap stabil. Kapasitas penarik didasarkan pada hal-hal seperti tenaga dan torsi kendaraan, kekuatan axle belakang, daya tahan rangka dan bahkan cengkeraman ban standar.

Brake Toring Capacity: Ini adalah angka paling umum, dan merujuk ke ATM trailer yang memiliki rem sendiri.

Unbrake Toring Capacity:: Angka ini mengacu pada penarik trailer tanpa rem dan biasanya secara signifikan menurunkan kapasitas penarik rem karena kendaraan harus menyerap banyak tenaga untuk pengereman.

TOWBALL LOADING

 membeli kendaraan baru dengan kapasitas penarik  Hal - Hal Yang Harus Anda Ketahui Ketika Menderek Mobil ( Towing )

Juga disebut sebagai gaya ke bawah ( berat ). Ini mengacu pada berat vertikal maksimum yang dapat diterapkan pada bola derek tanpa mengambil terlalu banyak beban dari roda depan dan mengurangi kemampuan kendaraan untuk menyetir dan mengerem. Ini adalah salah satu alasan mengapa kendaraan penggerak roda depan memiliki kapasitas penarik yang lebih rendah dari pada penggerak roda belakang. Sebagai aturan pemuatan towball biasanya sekitar 10 persen dari kapasitas penarik maksimum

GCM AND TOWING CAPACITY

Di sinilah kapasitas derek yang ditentukan dapat menyesatkan karena setiap bobot tambahan yang ditambahkan ke kendaraan derek mungkin perlu dikurangi dari ATM trailer agar tetap dalam batas GCM ( Gross Combinatioan Mass ).

Sebagai contoh, katakanlah GCM maksimum yang diijinkan untuk kendaraan Anda adalah 6000kg dan memiliki kapasitas penarik rem sebesar 3500kg.

Secara teori ini berarti berat kendaraan (GVM) hingga 2.500 kg untuk menarik 3500kg. Ini bagus jika kendaraan Anda memiliki bobot yang sama seperti ketika diluncurkan dari pabrik, tetapi menambahkan aksesori seperti bar derek (60kg), bulbar dengan winch (100kg), roda cadangan ekstra (15kg), rak atap (40kg) ) dan tumpukan perlengkapan berkemah ekstra (300kg) membawa GVM ke 3015kg. Ini berarti, kapasitas penarik maksimum sekarang adalah 2985kg agar tetap pada 6000kg GCM.

Jika membeli kendaraan dengan penarik, sebaiknya memiliki buffer yang layak antara kapasitas penarik maksimum dan beban penarik yang Anda inginkan sekitar 20 persen.

TOWBAR CAPACITY

Terakhir, kapasitas derek kendaraan Anda hanya sebagus towbar. Berat penarik maksimum barbar mungkin berbeda dengan satu set untuk kendaraan.

Sebagai contoh, jika mobil Anda memiliki kapasitas derek 2800 kg tetapi towbar diberi nilai 2500kg Anda hanya akan diizinkan untuk menarik hingga 2.500 kg. Atau, jika towbar diberi peringkat 3000 kg dan kapasitas derek mobil 2800 kg, Anda bisa memilih yang lebih rendah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *