Fungsi Rem Parkir Pada Mobil

  • Whatsapp

Fungsi rem pada mobil adalah untuk mengurangi kecepatan dan memungkinkan kendaraan dapat berhenti sesuai dengan keinginan pengemudi. Dengan adanya rem maka kenyamanan dan keselamaatan berkendara dapat terjaga. Rem yang biasa digunakan oleh pengemudi untuk mengurangi kecepatan adalah rem kaki. Rem kaki adalah rem utama pada kendaraan yang bekerjanya secara hidrolik.  Rem ini bekerja jika pedal ditekan oleh kaki pengemudi, dan rem tidak akan bekerja jika pedal tersebut dilepas. Tidak ada sistem penguncian pada rem ini yang memungkinkan rem bekerja secara terus menerus.

Tentusaja rem kaki tidak akan bisa menahan kendaraan pada saat kendaraan berhenti lama pada jalan yang curam. Untuk mengatasi hal tersebut maka pada mobil digunakanlah rem parkir. Fungsi rem parkir ini tidak jaug berbeda dengan rem kaki. Hanya saja kerja pada rem parkir dapar mengunci, sehingga pengereman akan terus terjadi selama penguncian masih dalam kondisi “ON”.

Read More

Saat ini pengoperasian rem parkir terbagi menjadi 2 jenis yaitu pengendalian mekanis dan pengendalian elektroni. Namun pada artikel dibawah ini, kami hanya akan membahas mengenai rem parkir jenis mekani.

Pada artikel sebelumnya kami juga sudah menulis perbedaan rem parkir meknis dengan rem parkir elektronic.

Rem parkir digunakan saat kendaraan posisi parkir, ini berfungsi untuk  mencegah kendaraan bergerak maju atau mundur.  Akibatnya bisa fatal, seperti gambar dibawah ini.

Akibat lupa rem parkir, mobil penguncung mundur di puncak Lawang

Sedangkan pada kondisi lain, rem parkir juga digunakan saat kendaraan berada pada kondisi jalanan macet pad kontur jalan menanjak atau menurun. Ini akan mengurangi kerja kaki pengemudi untuk menekan terus menerus pedal rem sehingga sangat membantu pengemudi. 


Fungsi Komponen – komponen rem parkir

Pada rem parkir konvensional terdapat beberapa komponen utama yaitu :

1. Tuas Rem Parkir berfungsi sebagai pengendali kerja rem. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah. Pengemudi hanya perlu menarik tuas keatas. Semakin keatas maka kinerja rem semakin pakem. Sedangkan untuk melepaskannya, cara yaitu tekan tuas sedikit keatas, tekan tombol menggunakan ibu jari dan dorong tuas kebawah.

2. Kabel Rem Parkir berfungsi meneruskan tarikan tuas rem parkir yang terhubung ke tromol rem belakang.

3. Rem Belakang berfungsi menekan tromol saat rem parkir bekerja dan lepas ( tidak menekan ) saat rem parkir OFF.

Jenis – Jenis Bentuk Rem Parkir

A. Tipe tuas
Terutama digunakan pada kendaraan penumpang dan komersial.

B. Tipe tongkat
Digunakan pada beberapa kendaraan komersial.

C. Tipe pedal
Digunakan pada beberapa kendaraan penumpang dan kendaraan high-grade. Saat ini, tuas pembebas dioperasikan dengan  pedal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *