Fungsi PODS ( Passive Occuppan Detection System ) Pada Kursi Mobil

  • Whatsapp
fungs Passive Occupant Detection System pada kursi mobil Fungsi PODS ( Passive Occuppan Detection System ) Pada Kursi  Mobil

Fungsi air bag adalah sebagai komponen keselamatan yang akan bekerja saat mobil mengalami benturan atau tabrakan dengan kekuatan tertentu. Cara kerja air bag yaitu dengan meletuskan kantong udara yang diisi oleh gas nitrogen dengan waktu yang sangat singkat. Bentuk air bag sudah disesuaikan dengan penumpang. Artinya, letusan air bag akan aman bila penumpang tersebut adalah orang dewasa.

Namun sebaliknya, jika penumpang tersebut adalah anak – anak maka fungsi air bag akan berbahaya. Karena bentuk air bag yang lebih besar serta waktu letusan yang singat akan berdampak bahaya terhadap penumpang anak – anak. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah sensor pada bagian kursi penumpang belakang yaitu PODS ( Passive Occuppan Detection System ) Pada Tempat Duduk Mobil.

Read More

Passive Occupant Detection System (PODS) menggunakan sensor pad fleksibel yang ditempatkan di
dalam kursi kendaraan yang gunanya untukmendeteksi adanya penumpang dikursi penumpang
belakang agar bila ada kecelakaan kantong udara untuk penumpang bisa meletus.

PODS system mengetahui adanya penumpang berdasarkan berat yang menduduki bantalan tempat
duduk penumpang belakang. Bladder yang diisi dengan cairan di dalam bantalan kursi dihubungkan ke pressure sensor. Data dari pressure sensor dimasukkan ke PODS electronic control unit (ECU) yang  perangkat lunak kontrol algoritmanya di dalam microprocessor sudah diremajakan.

Tujuan penggunaan PODS 

  • Sistem ini akan mencegah agar kantong udara tidak meletus apabila bobot berat penumpangnya adalah 66 lb (29 Kg) atau kurang untuk    memasang atau melepas sabuk pengaman yang dipakai khusus untuk balita yang didudukkan dibangku penumpang depan. 
  • Sistem ini akan aktif apabila bobot penumpangnya adalah105 lb (47 Kg) atau lebih agar : penumpang dewasa atau yang lebih besar dapat duduk dengan sudut dan posisi yang pas, termasuk ragam  posisi tempat duduk. 
  • Variasi pengembangan air bag adalah kurang dari 19% berdasarkan output dari bantalan bahan tempat duduk. 

PODS menghitung data beban tekanan untuk mengetahui berdasarkan persentase apakah penumpangnya orang dewasa atau bukan. Data tersebut kemudian dibandingkan dengan data yang tersimpang dikomputer. Jika proses  data tekanan menunjukkan bahwa penumpangnya memangada, makaair bag controller akan mengijikan kantong udara sisi penumpang untuk meletus. Jika data tekanannya kurang, airbag controller akan menahannya agar kantong udara untuk sisi penumpang tidak meletus.

fungs Passive Occupant Detection System pada kursi mobil Fungsi PODS ( Passive Occuppan Detection System ) Pada Kursi  Mobil
Diagram rangkain kerja PODS

Perhitungan PODS berdasarkan faktor-faktor sebagai berikut : Seat belt tension (jikadi perlukan) untuk menahan kursi kecil yangpas untuk anak-anak yang beratnya sudah dimasukkan kedalam bantalan tempat duduk penumpang. Data yangdipakai sebagai acuanadalahdatakasar dan batas tingkat
kehisterisan.  Kehilangan bobot berat tempat duduk, berdasarkan dari faktorseat back, lengan, dan kaki ke lantai, serta  keluarnya posisi dari tempat duduk melalui perbandingan angka bobot beratnya dalam selang waktu  waktu tertentu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *