Fungsi Pegas Coil ( Coil Spring ) Pada Suspensi Mobil

  • Whatsapp
fungsi pegas coil pada sistem suspensi mobil Fungsi Pegas Coil ( Coil Spring ) Pada Suspensi Mobil

Mobil – mobil penumpang yang mengoptimalkan kenyamanan yang tinggi akan memilih jenis suspensi jenis coil ( coil spring ). Ini karena jenis pegas coil lebih nyaman dan baik dalam meredam hentakan akibat jalan yang tidak rata dibandingkan dengan jenis pegas daun ( leaf spring ).  Namun sayangnya, jenis pegas ini hanya dipakai pada mobil – mobil kecil dengan beban yang tidak berat atau lebih spesifiknya hanya digunakan untuk mobil – mobil keluarga / berpenumpang.

Pegas koil terbuat dari sebuah gulungan batang baja dalam bentuk koil. Dibandingkan dengan pegas daun (leaf spring), pegas koil ada lebih panjang dengan demikian mempunyai pengaruh tahanan yang baik terhadap kejutan dan tidak terdapat gesekan bila terjadi defleksi. Hal inilah yang menjadikannya kelebihakan dalam meredam dan  memberikan lebih nikmat dalam mengendarai.

Read More

Pegas koil tidak memiliki sifat menyerap kejutan yang baik. Oleh karena itu, untuk menutupi kekuranan ini maka pada pegas coil dipasang shock absorber selalu digunakan bersamaan.

Karena itu, bila pegas-pegas koil digunakan pada sistem suspensi diperlukan adanya dudukan pegas (spring seat) yang dipasangkan di kedua ujung-ujung pegas koil.  Sehingga beban bekerja tetap lurus pada dudukan juga dengan batang-batang penjamin (support bar) antara lain; seperti upper arm, strut bar, atau lateral rod untuk mencegah timbulnya gaya-gaya lain yang dapat mengganggu kestabilan.

Pegas koil memunyai beberapa fungsi:

  1. Menyediakan  pemegasan dan menahan beban tegak lurus, tetapi tidak dapat  menahan tekanan samping 
  2. Menambah kemampuan cengkeraman ban terhadap permukaan jalan; seperti fungsi pegas yang lain
  3. Menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteruskan ke bodi secara langsung; seperti fungsi-fungsi pegas lain.
fungsi pegas coil pada sistem suspensi mobil Fungsi Pegas Coil ( Coil Spring ) Pada Suspensi Mobil
Secara kekuatan, pegas coil lebih kuat dibanding dengan pegas daun. Oleh sebab itu, jarang kita temui bahwa pegas koil patah. Berbeda dengan pegas daun yang lebih sering patah karena proses pemakaian yang berlebihan atau sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *