Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol

  • Whatsapp
 Mesin kendaraan yang terdiri dari lebih dari satu piston akan mengakibatkan putaran poros Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol
Puli Poros Engkol

Mesin kendaraan yang terdiri dari lebih dari satu piston akan mengakibatkan putaran poros engkol tidak stabil. Hal ini karena memang langkah pada setiap piston yang berbeda, sebagai contoh jika pada sebuah mesin terdapat empat silinder, maka ketika piston silinder no 1 melalukan langkah hisap maka silinder no 4 melakukan langkah usaha. Begitu juga dengan silinder no 2 dan 3 yang melakukan langkah kerja yang berbeda. Hal ini tentunya akan mengakibatkan efek negatif terhadap komponen – komponen yang memang mekanisme kerjanya membutuhkan putaran poros engkol seperti pumpa air, alternator dan AC. Maka untuk mengantisipasi putaran yang tidak stabil yang dikhawatirkan dapat mengganggu komponen yang lian maka dipasangkanlah damper getaran torsi pada puli poros engkol.

Fungsi karet damper getaran torsi pada puli poros engkola adalah  untuk menghaluskan tenaga yang keluar dari poros engkol. Perputaran poros engkol akan menjadi naik pada saat langkah usaha dan menjadi turun pada langkah lainnya terutama pada langkah kompresi. Turunnya putaran karena beban besar yang harus dilakukan poros engkol untuk menekan campuran udara dan bahan bakar. Fluktuasi dari putaran ini akan menimbulkan puntiran pada poros engkol dan hal ini hendaknya dapat diatasi atau poros engkol dapat menjadi rusak.

Read More

 Mesin kendaraan yang terdiri dari lebih dari satu piston akan mengakibatkan putaran poros Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol
Damper Getaran Torsi  Pada Puli Poros Engkol

Pada gambar diatas  memperlihatkan karet dipasangkan pada damper getaran torsi dimana hal ini banyak digunakan pada mesin kenderaan penumpang. Damper getaran torsi meredam kenaikan kecepatan putaran (energi) akibat dari langkah usaha dan mepepaskan energi yang tersimpan pada langkah lainnya. Damper getaran torsi terdiri dari bagian ring luar (ring enersia) karet dipasang pada hub. Hub dipasangkan pada bagian depan poros engkol.

Pada langkah usaha kecepatan poros engkol akan menjadi naik dan ring enersia yang terpasang pada karet, membuat perlawanan pada kecepatan yang naik tersebut. Bilamana poros engkol cenderung turun kecepatannya pada langkah lainnya maka ring enersia mencoba memelihara poros engkol berputar pada kecepatan yang sama.

Beberapa mesin menggunakan damper getaran torsi viscous. Walaupun konstruksinya berbeda namun fungsinya tetap sama Damper getaran torsi lebih sering menjadi kelengkapan pada sabuk penggerak komponen kelengkapan lainnya (pompa air/alternator).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *