Fungsi Dan Cara Kerja Exhaust Valvetronic Yang Terpasang Di Knalopot

  • Whatsapp

Bagi sebagian orang memiliki mobil dengan tampilan keren adalah sebuah pencapaian. Agar kelihatan berbeda dari yang lain, maka mobil standar yang dimiliki akan dimodifikasi sedemikan rupa agar memiliki tampialan yang menarik. Baik dari segi eksterior yang dirubah warnanya atau penambahan body kit. Selain itu biasanya juga sisi interior menjadi hal wajib yang harus dirubah mengikuti perubahan bodi eksterior.

Soal tenaga rasanya kurang  afdol  bila hal ini tidak disentuh agar tenaga mesin menjadi terdongkrak lebih maksimal dari bawaan standart. Mulailah mereka akan menggunakan beragam barang aftermarket yang berfungsi untuk menaikkan tenpaga mesin. Hal yang paling seering dilakukan adalah dengan menambahkan sebuah turbocharge. Karena ini dinilai lebih ekonomis dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu faktor kerusakan mesin dapat diminimalisir.

Read More

Bagaimana dengan mobil – mobil yang memang standartnya sudah menggunakan turbo dan berkubikasi tinggi? jika ini dirasa kurang puas maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak tenaga adalah dengan menggunakan exhaust valvetronik.

Apakah kalian pernah mendengarnya ? pada artikel ini kami akan membahas mengenai fungsi exhaust valvetronic dan manfaat bagi kendaraan.

Exhaust  Valvetronic adalah sistem katup  bekerja secara  variabel  yang tepasang pada kenalpot yang  memungkinkan knalpot bercabang menjadi dua jalur. Exhaust Valvetronic  telah digunakan pada mobil – mobil  supercar Ferrari / Lamborghini selama lebih dari 10 tahun.

Cara Kerja Exhaust Valvetronic

Exhaust valvetronic bekerja secara elecronic yang dikombinasikan dari hasil kevakuman pada saluran intake manifold. Yang mana exhaust valvetronic memiliki sebuah modul yang berfungsi sebagai pengontrol akan pembukaan katup tersebut. Dari yang diperoleh dari modul berasal dari nilai kevakuman pada saluran masuk  ( intake manifold).

Kerennya lagi, sistem ini dilengkapi dengan remot kontrol dan juga aplikasi yang bisa terhubung dengan Ios dan juga android. Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengatur valvetronic sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Adapun mode yang digunakan yaitu :

  • Mode TUTUP Ini membantu induksi tekanan balik knalpot mobil dan meningkatkan torsi pada rpm rendah.
  • Mode OPEN Knalpot aliran bebas dapat merubah suara layaknya  suara mobil  Formula 1 dan meningkatkan lebih banyak tenaga kuda pada rpm tinggi.
  • Mode AUTO Mode ini akan memungkinkan buka dan tutup otomatis katup berdasarkan preferensi masing-masing pemilik mobil dan kebiasaan mengemudi. Dalam mode ini, Anda dapat mengatur katup untuk membuka dan menutup dengan mendeteksi berbagai sinyal, seperti dorongan, kedalaman pedal gas , rpm, dll.
 Bagi sebagian orang memiliki mobil dengan tampilan keren adalah sebuah pencapaian Fungsi Dan Cara Kerja  Exhaust Valvetronic Yang Terpasang Di Knalopot
Pada mode tertutup, valvetronic akan menutup saluran sehingga gas buang hanya melewati satu jalur saja. Dimana gas buang hanyya melewati pipa yang mengarah pada catalis dan keluar terbuang.
 Bagi sebagian orang memiliki mobil dengan tampilan keren adalah sebuah pencapaian Fungsi Dan Cara Kerja  Exhaust Valvetronic Yang Terpasang Di Knalopot

Saat mode terbuka aktif, maka valvetronik dalam kondisi terbuka. Terbukanya katup akan membuka saluran sehingga aliran gas buang menjadi 2 saluran, yaitu saluran yang mengarah ke catalis dan saluran langsung yang mengarah keluar.

 Bagi sebagian orang memiliki mobil dengan tampilan keren adalah sebuah pencapaian Fungsi Dan Cara Kerja  Exhaust Valvetronic Yang Terpasang Di Knalopot
Valvetronic produksi fi-exhaust


Manfaat Exhaust Vavletronic

Performa pada sistem pembuangan adalah pertarungan antara torsi dan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin. Output torsi yang besar akan mengurangi tenaga sehingga ini akan berdampak pada kecepatan mobil. Sebaliknya, saat mesin mengeluarkan tenaga yang besar, maka torsi pasti akan berkurang. Dengan menggunakan exhaust vavletronic, kedua kontradiksi tersebut akan diperkecil sehingga performa kendaraan menjadi lebih baik.

Selain itu, Anda juga akan menikmati kontras perubahan suara yang ekstrim dalam setiap perubahan katup, dari suara tenang hingga suara menggelegar.  Anda akan mendapatkan kenikmatan berkendara yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk tenaga kuda, torsi, dan suara mesin yang mirip dengan suara mobil Formula 1.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *