Ciri – Ciri Gelaja Pada Mobil Yang Harus Segera Dilakukan Spooring Dan Balancing

  • Whatsapp
 Kenyaman dalam berkemudi merupakan sebuah keistimewaan bagi kita Ciri - Ciri Gelaja Pada Mobil Yang Harus Segera Dilakukan Spooring Dan Balancing
Spooring pada mobil

Kenyaman dalam berkemudi merupakan sebuah keistimewaan bagi kita. Ini karena dengan berkemudi yang nyaman maka secara otomatis ini akan berdampak baik bagi pengemudi, contoh kecilnya adalah pengemudi tidak akan mudah mengalami kelelahan. Ini karena mobil yang dikendarai dalam kondisi optimal ( tidak ada kokemponen yang rusak / diperbaiki ).

Salah satu hal yang menjadi faktor ketidaknyamanan saat berkendara adalah adanya ketidakseimbangan pada roda mobil ( spooring ataupun balancing ). Jika ini terjadi, bukan hanya kenyamanan yang berkurang namun jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan kerusakan akan merambat pada komponen – komponen yang lain.

Read More

 Kenyaman dalam berkemudi merupakan sebuah keistimewaan bagi kita Ciri - Ciri Gelaja Pada Mobil Yang Harus Segera Dilakukan Spooring Dan Balancing
Balancing Roda

Jadi, sebagai pengemudi kita wajib tahu tanda – tanda yang terjadi pada mobil yang harus segera dilakukan spooring dan balancing. Dikutip dari buku utak-atik otomotif karya Pak Firmasnyah Saftari, mobil harus segera dilakukan spooring dan balancing jika mengalami tanda – tanda sebagai berikut :

a.  Apakah terjadi getaran pada stir yang mengganggu kenyamanan anda pada saat menyetir ? roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih cepat aus dibanding roda belakang

b. Pada saat mobil anda melaju pad akondisi jalan lurus kedepan, apakah anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya meski tanpa adanya perubahan kendali setir ? jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu, ini merupakan pertanda adanya masalah pada kerataan roda ( spooring ).

c. Cobalah periksa keausan ban mobil anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda atau sebagian roda ? pemeriksaan ban meliputi sisi ( dinding ), tapak dan bulu ban. Jika terjadi benjolan pada ban, berarti sistem suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.

d. Kondisi setir yang tidak nyaman bahkan lebih berat daripada biasanya, atau ketika pengendalian setir pada saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula ketika dilepaskan.

e. Pada saat anda membelokkan mobil, apakah anda merasa adanya guncangan ? padahal jalan yang dilalui bagus.

f. Apabila anda merasa mobil yang anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah mengalami kerusakan pada keseimbangan.

g. Manakala komponen sistem kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil anda masih dalam kondisi berjalan lurus maka harus segera dilakukan perbaikan.

Demikianlah cici-ciri mobil yang harus dilakukan spooring dan balancing roda. Kenali ciri-cirinya agar kerusakan tidak merambat ke komponen yang lain. Jika hal ini terjadi, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin besar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *