Cara Unik Mengatasi Baut Transmisi Yang Slek ( Dol )

  • Whatsapp

Karena lokasinya yang ada dibawah, tak jarang baut-baut transmisi ketika dibuka menjadi lebih sulit karena banyak faktor. Penyebabnya bisa jadi karena karat dan terkena beragam kotoran ataupun cairan yang mempunyai kandungan logam yang dapat merusak.

Selain itu faktor kerusakan baut bisa juga diakibatkan karena salahnya penggunaan kunci yang kurang tepat ( salah ). Misal, baut ukuran 14 dibuka menggunakan kunci ukuran 15. Selisihnya sangat kecil dan bisa saja ini terjadi. Bisa juga diakibatkan baut yang keras, dipakas menggunakan kunci segi 12 ( double hexagonal ) yang seharusnya menggunakan kunci segi enam ( hexagonal ).

Read More

Hal ini tentunya akan menyulitkan ketika mekanik membuka setiap baut di transmisi. Jumlahnya juga lumayan banyak, sehingga semuanya harus terbuka dengan baik untuk bisa dibuka. Biasanya kerusakan yang membutuhkan harus dibukanya transmisi yang paling sering adalah penggantian unit kopling.

Beragam cara mekanik harus memiliki ide kreatif dalam mencari solusi untuk mengatasi baut yang slek agar bisa dibuka. Salah satunya apa yang dialami oleh seorang mekanik yang mendapat kiriman mobil yang belum selesai dikerjaan.

Tampak pada bagian kepala baut dilas menggunakan las listrik lalu disambung menggunakan conectingrod ( batang torak ). Terlihat unik memang ya, tapi ini adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan jika menemukan trouble yang sama. Metode penyambungan las pada kepala baut yang slek adalah solusinya.

Karena jika dibuka paksa dengan cara merusak kepala baut dan memukulnya dengan obeng minus, ii tidak dapat dilakukan. Mengapa ? karena lokasinya yang sempit dan konstruksi bagian bawah kendaraan yang akan menyulitkannya.

Bagaimana ? apakah kalian tertarik dengan cara diatas untuk mengatasi baut transmisi ( gear box ) yang susah dibuka dan sudah slek.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *