Cara Mudah Memperbaiki Sekering ( Fuse ) Putus Pada Mobil

  • Whatsapp
 Fuse mempunyai peranan penting pada sistem kelistrikan di mobil Cara Mudah Memperbaiki Sekering ( Fuse ) Putus Pada Mobil
Perbedaan Fuse bagus dan Fuse rusak ( putus )

Fuse mempunyai peranan penting pada sistem kelistrikan di mobil. Walau terbilang sepele, namum komponen ini akan mengakibatkan mesin kendaraan mu mogok atau komponen kelistrikan yang tidak mau hidup. Jika tegangan tidak mengalir ke salah satu sistem kelistrikan pada kendaraanmu bisa jadi hal itu disebabkan oleh sekering ( fuse ) yang putus. Beruntung jika pada kendaraanmu terdapat fuse cadangan yang terletak pada kotak fuse. Namun jika tidak ada cadangannya pada kendaraanmu pada yang harus dilakukan agar fuse dapat berfungsi kembali ?

Tenang, kali ini kami akan menyajikan sebuah tips cara mudah mempebaiki sekering ( fuse ) putus pada mobil. Perlu  diingat, bahwa cara ini bukanlah standart yang dapat dilakukan untuk memperbaiki sekering. Karena pada dasarnya, sekering yang putus harus segera diganti dengan yang baru. Namun jika sudah kepepet dan mogok ditempat yang sunyi dan jauh dari tempat menjual sekering, maka untuk sementara gunakanlah cara mujarab ini.

Read More

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek kondisi fuse mana yang rusak. Jika fuse yang rusak sudah ditemukan, cabutlah sekering tersebut dari soketnya. Ingat, harus hati – hati ya, karena fuse yang putus bisa jadi ketika ditarik ada lempengannya yang tertinggal. Dan ini akan menambah pekerjaan serta merpotkan.

Untuk mempebaiki fuse yang putus kamu hanya cukup menggunakan sebuah serat kabel bekas atau bahan sejenis  yang dapat menghantarkan arus listrik.

Serat kabel atau bahan yang sejenis

 Setelah bahan serat kabel sudah ada, selanjutnya kamu lilitkan pada kedua conector fuse dengan mengikatnya pada kedua sisianya.

Melilitkan serat kabel pada kedua konektor fuse

Hal penting yang harus kamu lakukan adalah segeralah ganti fuse yang rusak ( putus ) dengan yang baru apabila sudah menemukan tempat penjual fuse. Karena fuse yang diperbaiki dengan cara ini dapat menimbulkan bahaya dan mengancam keamanan sistem kelistrikan kita.

Mengapa demikian ? karena serat kabel yang kita pasang bisa jadi mempunyai kapasitas arus yang lebih besar dibanding kapasitas fuse tersebut. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka apabila  terjadi arus besar dan melewati kabel yang tidak sesuai akan panas dan terbakar.

Itulah cara mudah memperbaiki sekering ( fuse ) yang putus pada mobil. Bagaimana mudah bukan ?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *