Cara Mudah Memperbaiki Kebocoran Pada Rem

  • Whatsapp

Rem merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi sangat penting. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan dengan cara menekan tromol ataupun piringan pada setiap roda. Dengan adanya rem, maka kendaraan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dari kecepatan tinggi ke kecepatan rendah. Rem termasuk salah satu komponen yang berperan penting akan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, pastikan rem bekerja secara maksimal sebelum kita menggunakan kendaraan tersebut. Salah satu kendala terbesar yang sering terjadi pada rem adalah kebocoran cairan. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja rem dan dapat menyebabkan rem blong.

Adapun langkah – langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kebocoran pada sistem rem adalah sebagai berikut :

Read More

Langkah 1. Mengetahui Lokasi kebocoran

 Rem merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi sangat penting Cara Mudah Memperbaiki Kebocoran Pada Rem
Master silinder rem

Anda harus segera memperbaiki kebocoran minyak rem dengan segera saat rem dioperasikan.  Pertama, cari tahu sumber kebocorannya dengan melihat secara detail dari mana asal muasal cairan tersebut. Anda dapat melacak sumber masalah rem melalui pemeriksaan  silinder roda, piston caliper, selang ( pipa ) rem yang terbuat dari logam, master rem silinder dan caliper. Tidak ada cara lain untuk mengatasi kebocoran minyak rem selain harus memperbaikinya segera. Jika hal ini dibiarkan, maka dalam waktu lama dapat membahayakan. Jangan lakukan pekerjaan itu sendirian, kecuali jika anda yakin dan bisa memperbaikinya sendirian. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki kebocoran minyak rem, artikel  ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Untuk memperbaiki minyak  rem yang bocor, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan dimana letak kebocoran tersebut. Jadi dalam langkah ini anda mungkin ingin bertanya “Di manaletak kebocoran minyak rem?”. Yah, jawabannya adalah memeriksa komponen – komponen sistem rem seperti seal karet, sambungan pipa, dan memeriksa selang rem.

Jika anda masih tidak dapat menemukan  tanda-tanda bocornya cairan minyak rem, coba periksa selang pada silinder piston pada setiap roda.  Di bagian belakang, perhatikan daerahyang  – daerah  berkarat pada pipa rem. Sekarang ambil senter dan amati di bawah mobil Anda untuk melihat apakah ada genangan cairan, menetes, atau area basah lainnya.

Langkah 2: Ganti  Silinder Roda, Caliper Piston, dan Master Cylinder

Jika ternyata sumber-sumber cairan rem bocor adalah silinder master, piston caliper, Anda bisa  menggunakan sparepart kit dengan harga yang terjangkau. Namun, membeli caliper baru adalah lebih baik dan aman dari pada harus memperbaikinya dengan resiko yang masih ada.

Langkah 3: Ketika Pipa Minyak Rem Rusak

Diperlukan pendekatan yang lebih terintegrasi jika kebocoran dari pipa minyak rem yang terbuat dari logam. Pipa logam yang penyok harus anda ganti dengan  pipa logam dengan  ukuran yang  sama. Dari pada hanya memperbaiki bagian yang bocor, ganti seluruh pipa jika memungkinkan. Setelah Anda mengganti pipa, ikuti instruksi pada buku manual berapa besar momen pengencangan yang sesuai.  Pengencangan yang salah akan berakibat pada tekanan minyak rem yang tidak maksimal.

Jangan pernah memperbaiki kerusakan ini tanpa pengetahuan yang lengkap. Karena ini merupakan komponen yang bekerja dalam waktu yang lama. Sebelum anda mengisi minyak rem, pastikan tidak ada kotoran yang masuk ke pipa minyak rem.

Cairan rem yang sudah lama terpakai  atau kotor dapat merusak sistem rem anda secara permanen. Jadi, lihat warna cairan rem untuk melihat apakah masih layak atau tidak. Jika terlihat kotor, ganti cairan segera.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *