Cara Merotasi Ban Untuk 4 Roda Dan 5 Roda Serta Manfaatnya Pada Mobil

  • Whatsapp

Ban adalah komponen mobil yang bertugas sangat vital. Komponen ini langsung bersentuhan dengan jalan, yang mana ini adalah sebuah pekerjaan berat yang diterima selain harus juga menumpuh beban kendaraan.

Beban kerja yang berat inilah yang membuat ban menjadi komponen yang sering mengalami kerusakan. Kerusakan yang paling umum terjadi pada ban adalah keausan, namun terkadang juga mengalami kembung dan juga pecah.

Read More

Keausan pada ban terbagi menjadi 2 yaitu keausan yang merata pada setiap sisi dan keausan yang tidak merata. Keausan merata yang terjadi pada ban adalah wajar, ini karena memang proses pemakaian yang sudah mencapai masa pakai. Sedangkan keausan yang tidak merata pada sisi ban, ini mengindikasikan adanya komponen pada bagian penopang ban yang rusak, seperti komponen yang yang rusak atau hanya memerlukan penyetelan FWA ( Front Wheel Aligment ). Oh ya, kerusakan seperti ini tidak dapat diperbaiki / diatasi dengan merotasi ban.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara merotasi ban untuk 4 roda dan 5 roda pada mobil. Adapun manfaat yang diperoleh dengan merotasi ban yaitu  agar keausan pada ban menjadi lebih merata ( keausan merata pada semua ban, termasuk ban serep ). Keausan yang merata pada ban juga akan berdampak positif terhadap efisiensi pemakaian ban ( lebih hemat ).

Bagimana bisa lebih hemat ? kami akan memberikan sebuah analogi sederhananya,

1. Tidak Melakukan Rotasi Ban

Jika anda tidak pernah melakukan rotasi ban, maka keausan yang terjadi pada ban cenderung tidak akan merata pada semua ban. Misal, ban yang terjadi keausan lebih parah adalah ban depan kiri, lantas anda langsung menggantinya. Tentu saja ini akan berdampak pada ketidakstabilan pada ban baru tersebut, ini karena ia memiliki ketebalan yang berbeda dibanding dengan ketiga ban yang lainnya. Dampaknya sudah jelas, pengendalian mobil lebih tidak stabil.

Beberapa bulan kedepan anda mendeteksi ternyata ban depan sebelah kanan mengalami keausan yang parah dan anda menggantinya. Berarti pada mobil terdapat 2 ban baru bagian depan dan 2 ban lama pada bagian belakang, efeknya jelas seperti keterangan diatas.

Seterusnya anda mengganti ban belakang dalam ritme yang tidak teratur hingga kesemua ban sudah diganti. Ketika semua ban sudah mengalami pergantian, apakah semua ban mempunyai kwalitas yang berbeda – beda ? tentu saja tidak. Karena waktu proses penggantiannya tidak berbarengan. Jelas ini merugikan bagi setiap ban.

Berati anda harus sering mengganti ban yang kwalitasnya mulai pudar satu persatu dikemudian hari dengan dampak pengendalian mobil yang tidak stabil. Jelas ini akan merugikan secara finansial dan kenyamanan saar mobil dibawa berkendara.

2. Melakukan Rotasi Ban

Dengan merotasi ban, maka ban akan mengalami keuasan yang cenderung merata. Ini karena setiap ban bekerja dengan beban yang sama. Memang agak berat untuk langsung mengganti semua ban dalam kurun waktu yang berbarengan. Namun ini lebih baik, karena mobil terjamin dengan kwalitas ban yang secara terus menerus sama. Efeknya sudah jelas pada pengendalian mobil yang lebih mudah dan nyaman.

Secara struktur, ban terbagi menjadi 2 jenis yaitu ban bias dan ban radial. Apa berbedaan diantara keduanya ? kami sudah pernah membahasnya mengenai perbedaan ban bias dan ban radial.

Jadi ini sangat berkaitan dengan proses rotasi ban. Sebelum anda merotasinya, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis ban yang anda gunakan.

A. Cara Merotasi Ban Bias untuk 4 roda dan 5 roda pada mobil

Sebagian ban dipindahkan ke sisi lain dengan arah putaran yang sama antara putran ban di tempat yang lama dengan putaran ban ditempat yang baru. Sedangkan yang sebagian lainnya dipindahkan pada lokasi yang berbeda putaran dengan awal putaran ban tersebut.

B. Cara Merotasi Ban Radial untuk 4 roda dan 5 roda pada mobil


Bila ban radial dipindahkan ke sisi lain akan menimbulkan suara berisik dan ban akan cepat rusak, sebab arah putaran roda menjadi berlawanan dengan arah semula.

Demikianlah penjelasan mengenai rotasi ban pada mobil untuk 4 roda dan 5 roda. Merotasi ban memang sangat mudah, tinggal melepas dan memindahkannya. Namun jika anda tidak yakin bisa mengerjakannya sendirian, maka mengantarkannya ke bengkel adalah solusi yang bisa anda lakukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *