Cara Menggunakan Kunci Inggris ( Adjustable Wrench ) Yang Baik Dan Benar

  • Whatsapp

Siapa yang hari belum mengenal kunci inggris ? saya yakin kalian semua pasti mengetahui kunci ini. Mau yang ahli mesin ataupun yang sama sekali tidak, kunci ini bisa dibilang lebih tenar dibanding dengan jenis kunci – kunci yang lainnya. Mungkin yang membuay kunci ini lebih terkenal adalah fungsinya yang bisa mengendorkan dan mengencangkan beragam ukuran baut atau mur.

Dengan alasan tersbutlah kunci ini disebut dalam bahasa inggris yaitu Adjustable Wrench ( Kunci yang dapat disetel ). Ya memang benar, kunci inggris rahangnya dapat kita atur sesuai dengan keinginan penggunanya. Jadi kunci ini sangat bermanfaat dalam menggantikan beragam nomor kunci pada kondisi – kondisi darurat.

Read More

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara menggunakan kunci inggri yang baik dan benar. Memang terkesan sepeleh bagi orang – orang yang sudah paham cara penggunaan kunci ini. Jadi bagi kalian yang sudah paham sepertinya anda harus segera meninggalkan artikel ini.

Namun bagi para pemula, menggunakan kunci inggris yang baik dan benar adalah hal penting untuk mencegah hal – hal yang dapat merugikan. Mengapa ? karena kesalahan paling sederhana dari penggunaan kunci yang salah adalah baut atau mur tidak akan terbuka, malah bisa jadi bulat ( slek ). Kan bisa jadi masalah dan menambah pekerjaan yang berujung pada kerusakan komponen.

 Siapa yang hari belum mengenal kunci inggris  Cara Menggunakan Kunci Inggris ( Adjustable Wrench ) Yang Baik Dan Benar
Bagian – Bagian kunci inggris

Adapun hal – hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan kunci inggris adalah sebagai berikut :

1. Jangan menggunakan kunci inggris untuk membuka baut/.mur yang keras pada putaran awal. Karena desain kunci inggris hanya digunakan untuk mengendorkan baut yang sudah kendor.

2. Jangan menggunakan kunci inggris untuk pengencangan akhir. Sama seperti yang pertama bahwa kunci inggris hanya digunakan untuk mengecangkan baut/mur sementara. Jadi untuk pengencangan akhir, gunakanlah kunci sok atau kunci sock.

3. Setel rahang sesuai dengan ukuran baut/mur dan usahakan tidak ada celah diantaranya. Ini berfungsi agar sudut baut/mur yang berbentuk segi enam tidak menjadi bulat ( selek ).

4. Jangan memukul kunci inggris saat proses pengendoran atau pengencangan. Ini karena sifat cengkraman kunci inggris yang tidak merata sehingga bisa meleset dan menimbulkan cidera bagi penggunanya.

5. Pastikan pegangan dan pijakan tangan anda menempel pada bagian handle yang tepat untuk mendapatkan momen gerak yang tepat.

Selain itu agar kunci inggris awet dan tahan lama dalam pemakaiannya, maka perlu perawatan yang harus dilakukan. Perawatan kunci inggris pun mudah, saya yakin kalian pasti bisa.

  • Bersihkan kunci inggris dari kotoran setelah digunakan, ini berfungsi agar kunci inggris tidak karat
  • Lumasi bagian penyetel kunci inggris dengan oli secukupnya agar dikemudian hari ketika akan digunakan mudah dilakukan penyetelan
  • Simpan kunci inggris ditempat kunci ( tool box ) atau tempat yang lembab ( tidak terlalu basah atau kering ),jangan diletakkan pada rak yang terkena sinar matahari langsung
  • Setelah menggunakan kunci, dianjurkan agar menutup kembali rahang kunci hingga rapat.
Demikian tips cara menggunakan kunci inggris ( adjustable wrench ) yang baik dan benar. Saya yakin ini adalah cara yang mudah dan semua orang pasti bisa menerapkannya dengan baik. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *