Cara Menggunakan Jack Stand Yang Benar Untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja

  • Whatsapp

Jack stand merupakan alat bantu yang digunakan oleh para mekanik untuk mengganjal mobil yang sedang pada posisi didongkrak. Mengapa harus diganjal ? karena secara keamanan kendaraan yang terangkat dan didiamkan terganjal hanya dengan dongkrak adalah langkah kerja yang tidak dianjurkan. Karena bisa saja terjadi dongkrak tiba-tiba turun, ini bisa disebabkan karena dongkrak bekerja dengan sistem pluida yang kapan saja bisa saja terjadi kebocoran.

Jadi langkah aman dalam mengganjal mobil pada posisi terangkat adalah menggunakan jack stand. Walaupun mungkin sering kita lihat para mekanik jalanan masih sering menggunakan balok kayu sebagai pengganjal. Saya kira ini wajar karena mungkin mereka tidak memiliki jack stand. Jika ditanya mana yang lebih aman ? balok kayu atau jack stand ? tentunya jawabannya adalah jack stand, bukan hanya aman melainkan penggunaannya juga lebih mudah karena dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan keinginan kita.

Read More

Hal paling dasar yang harus kalian ketahui mengenai Jack Stand adalah berbeda dengan dongkrak. Keduanya mempunyai fungsi yang sama namun mempunyai cara kerja yang berbeda. Memang sih keduanya tidak akan bisa dipisahkan karena kedua alat ini selalu bersamaan dalam melakukan pekerjaan dalam mengangkat kendaraan.

Berikut ini adalah langkah – langkah penggunaan Jack Stand yang benar. Tujuan dari penggunaan ini adalah untuk meminimalisir kecelakaan kerja dan mencegah terjadinya kerusakaan pada kendaraan.


1. Melepas Pengunci Jack Stand

Setiap Jack Stand dilengkapi dengan pengunci yang terbuat dari batang besi. Bentuknya beragam, ada yang segitiga ataupun bulat. Fungsi pengunci ini adalah untuk mencegah rahang jack stand naik dan turun. Jadi sebelum kita menggunakannya, maka tariklah pengunci tersebut dengan cara mencabutnya sampai terlepas.

2.Menaikkan Jack Stand

Setelah pengunci terlepas  selanjutnya naikklahlah rahang jack stand ( yang berwarna hitam ) dengan cara menganggkatnya dengan tangan. Rahang Jack stan tidak bisa terangkat layaknya dongkrak, karena mekanisme kerjanya manual tidak menggunakan fluida ( hidrolik ). Naikkanlah rahang sesuai dengan ketinggian yang diinginkan ( disesuaikan dengan tinggi mobil ).

3. Pasang Jack Stand Pada Rangka Yang Kuat




Saat memasang Jack Stand pilihlah pada lokasi chasis yang keras. Seperti pada bagian rangka utama pada jenis mobil ladder frame atau pada bagian body yang sudah ditandai dengan coakan untuk jenis monoque. Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa pada saat kita memasukkan jack stand pada kolom mobil, posisikan tuas pada bagian luar. Ini bermanfaat saat kalian akan menurunkan nantinya dan tidak repot dan lebih mudah.

4. Turunkan Jack Stand

Ini adalah langkah terakhir dalam penggunaan jack stand yaitu menurunkan rahang penyangga. Caranya pun mudah, yaitu dengan cara menaikkan tuas keatas. Namun dengan catatan bahwa sudah tidak ada lagi beban yang dipikul oleh jack stand. Ketika tuas diangkat keatas, maka rahang akan turun kebawah secara berhentak ( tidak halus layaknya dongkrak ).

Demikian pemaparan dari saya menganai cara penggunaan Jack stand yang benar untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Semoga bermanfaat..

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *