Cara Menggunakan Alat Ukur Califer Gauge

  • Whatsapp

Banyaknya jenis-jenis alat ukur pada bidang otomotif  menjadikan kita lebih mudah untuk mengetahui hasil dari setiap komponen-komponen pada mesin. Jika sebuah komponen tidak dapat diukur menggunakan alat pengukuran A, maka kita bisa menggunakan alat pengukuran B dan juga jika tidak bisa juga menggunakan alat ukur Adan B, kita bisa menggunakan kombinasi alat ukur C dan D.

 menjadikan kita lebih mudah untuk mengetahui hasil dari setiap komponen Cara Menggunakan Alat Ukur Califer Gauge
Califer gauge

Itulah kemudahan – kemudahan alat ukur dibidang otomotif. Dari mulai pengukuran dengan ketelitian 1 mm hingga yang paling kecil yaitu 0,01 mm ( 1/100).  Califer Gauge adalah alat ukur yang menggunakan dial gaug / dial tester indikator. Ada dua jenis califer gauge yang digunakan yaitu inside califer dan outside califer.

Read More

Inside califer biasanya digunakan untuk mengukur komponen-komponen pada mesin yang memerlukan pengukuran dengan hasil presis.Inside califer gauge digunakan untuk mengukur diameter dalam sebuah lubang silinder yang tidak dapat diukur menggunakan inside micrometer.

Bagian-bagian feeler gauge

Hal-hal yang harus kamu biasakan dan perhatikan saat penggunaan alat ukur yaitu pastikan alat ukur yang akan kamu gunakan dalam keadaan bersih. Karena jika alat ukur tersebut kotor, maka dikhawatirkan hasil pengukuran akan meleset.

Selain itu cara pengukurannya juka benar sesuai standar operasional penggunaan alat tersebut. Jika kita tidak tahu cara pengguaan alat tersebut, kita dapat melihat buku manual penggunaan alat tersebut.

Adapun cara penggunaan alat ini yaitu :

1. Ukurlah diameter dalam (inside diameter ) dengan vernier califer ( jangka sorong ). Katakanlah hasil pengukurannya yaitu 10,40 mm. Selanjutnya masukkan hasil pengukuran tersebut pada setingan outside micrometer yang mendekati hasil pengukuran pada vernier califer dengan kelipatan dari 0,5 mm. Maka kita dapati nilainya yaitu 8,50 mm.

 menjadikan kita lebih mudah untuk mengetahui hasil dari setiap komponen Cara Menggunakan Alat Ukur Califer Gauge
Menyeting califer gauge pada outer micrometer

2. Tempatkan kaki-kaki califer gauge diantara anvil dan spindle pada outside micrometer. Gerakkan califer gauge sampai didapat angka yang paling kecil. Kemudian putarlah outer ring sampai angka nol lurus dengan jarum penunjuk.

3. Tekan tombol califer gauge lambat-lambat  letakkan lug pada bagian dalam pekerjaan dan bebaskan tombol. Gerakkan caliper sampai didapat pembacaan terkecil. jika pembacaan menunjukkan angka 0,09 mm, itu artinya diameter dalam adalah 0,09 lebih kecil dari 8,50 mm. Jadi diameter dalamnya itu 8,50 mm – 0,09 mm = 8,41 mm.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *