Cara Memperbaiki Bunyi Ngik-Ngik Pada Bagian Ban Serep Mobil Wuling

  • Whatsapp

Wuling termasuk salah satu mobil paling penomenal di Indonesia. Sejak kemunculannya 2 tahun silam, wuling menjadi mobil yang paling banyak diperbincangkan oleh para penggiat otomotif. Selalu saja ada pro dan kontra atas kemunculan mobil ini yang selalu dibanding-bandingkan dengan mobil dari Jepang. Wajar hal ini terjadi karena memang dari jenisnya  LMPV yang langsung berhadap-hadapan dengan mobil sejuta umat dengan harga yang lebih miring dan kelengkapan yang menggiurkan. Soal kwalitas belum banyak yang bisa memprediksi, kita tunggu saja 5 tahun kedepan.

Namun pada artikel ini kami tidak akan membahas mengenai hal tersebut, karena informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya sudah banyak beredar di majalah otomotif Indonesia. Sesuai dengan judul diatas bahwa kali ini kita akan coba untuk mengupas masalah yang sering terjadi pada mobil Wuling Cortez dan Confero.

Read More

Berita ini kami dapatkan dari laman grup Wuling Indonesia yang mana mobil milik seorang pengguna  mengalami bunyi ngik-ngik pada bagian belakang bawah. Keluhan ini sangat mengganggu yang akhirnya harus membawanya ke bengkel resmi.

Setelah di cek di bengkel ternyata sumber bunyi berasal dari tempat dudukan ban serep yang terletak dibagian belakang bawah. Hasilnya pun tidak memuaskan karena dari hasil analisa mekanik bahwa sumber bunyi ini berasal dari posisi ban serep yang tidak simetris ( tidak tepat ) dengan dudukannya. Bukan hanya 1 kali dia bawa kebengkel, melainkan sudah 3 kali ke bengkel resmi dan hasilnya lagi – lagi nihil.

Ternyata problem ini terjadi bukan hanya pada mobil milik dia saja melainkan banyak juga mobil wuling yang mengalami gejala bunyi ngik – ngik yang sama dengan yang dialami.

Karena hasil yang kurang memuaskan, akhirnya pemilik coba untuk menganalisa sumber bunyi tersebut. Hasilnya pun ternyata berbeda dengan analisa mekanik, yang mana bunyi bersumber dari hentakan pengait ban serep dengan dudukannya yang sama – sama terbuat dari logam. Ketika mobil meleweati jalan yang tidak rata, maka logam tersebut agan bergoyang dan bertabrakan ( hentakan ) yang menimbulkan bunyi ngik-ngik.

Cara memperbaiki bunyi ngik-ngik pada bagian ban serep Wuling

Sumber masalah yang sudah ketemu akhirnya bisa diatasi dengan menggunakan bahan – bahan sederhana yang sering kita jumpai yaitu :

  • Isolatip listrik
  • Bisa juga menggunakan hansalpas
  • Ban karet dalam sepeda motor atau sejenisnya
Cara mengakalinya pun sangat mudah yaitu  melilitkan bahan – bahan diatas pada batang besi yang bergesekan di pengait ban sereb dan mengaitkan ban dalam sepeda motor pada baut pengait.  Untuk lebih jelas bisa melihat pada gambar dibawah ini. 
 Wuling termasuk salah satu mobil paling penomenal di Indonesia Cara Memperbaiki Bunyi Ngik-Ngik Pada Bagian Ban Serep Mobil Wuling
mengatasi bunyi pada ban serep mobil wuling
Setelah dicoba ternyata 100 persen bekerja dan mobil tidak bunyi ngik-ngik lagi. Selain cara diatas juga ada bebera saran yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini yaitu menutup batang besi pengait dengan selang. Bagaimana ? mudah kan untuk memperbaiki bunyi ngik-ngik pada bagian ban serep mobil wuling.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *