Cara Memeriksa Release Bearing Kopling Mobil

  • Whatsapp

Release bearing adalah komponen pada kopling mobil yang berfungsi sebagai pendorong pegas diafragma. Dorongan gaya yang diterima diperoleh dari tekanan release fork karena tekanan pedal oleh pengemudi. Biasanya penggantian release bearing satu set dengan komponen kopling lainnya.

Namun tidak ada salahnya, jika release bearing tidak diganti selama memang tidak ada tanda – tanda kerusakan padanya. Kerusakan pada release bearing dilakukan dengan cara memeriksanya. Caranya pun tergolong mudah, menggunakan metode visual tanpa alat bantu pengukuran.

Read More

Kerusakan pada release bearing yang paling mudah kita kenali adalah timbulnya bunyi berisik ketika pedal kopling ditekan. Ini bisa diakibatkan karena kurangnya pelumasan pada release bearing atau adanya kotoran yang masuk pada celah – celah tersebut.

Jika hal itu terjadi cara memperbaikinya pun mudah, yaitu :

  • Cuci ( rendam ) release bearing dengan bensin yang masih bersih
  • Bersihkan celah – celah release bearing dengan kuas, pastikan tidak ada kotoran yang menempel
  • Semprot dan keringkan release bearing dengan angin bertekanan
  • Lumasi celah – celah release bearing dengan grease sambil diputar
  • Jika semuanya sudah dilakukan, selanjutnya tes dengan memutarnya dan menggerakkan kesegalag arah. Pastikan tidak oblak dan tidak menimbulkan suara.
Namun tidak semua kerusakan dapat diperbaiki, karena proses pelepasan dan pemasangan yang sulit banyak mekanik yang tidak mengambil resiko. Oleh sebab itu untuk memastikan kerusakan pada release bearing, perlu ada baiknya dilakukan pemeriksaan. 
Berikut langkah – langkah pemeriksaan pada release beraring kopling mobil.

a)  Putar bearing dengan tangan dan berilah tenaga pada  arah axial. Jika putaran kasar dan atau terasa ada tahanan sebaiknya ganti dengan yang baru.

b)  Tahan hub dan case dengan tangan kemudian gerakkan  pada semua arah untuk memastikan  self-centering system agar tidak tersangkut. Hub dab casae harus bergerak  kira-kira 1 mm. Jika kekocakan berlebihan atau macet  sebaiknya diganti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *