Cara Membaca Micrometer Yang Dilengkapi Dengan Skala Nonius

  • Whatsapp

Pada umunya, micrometer yang banyak digunakan atau sebagai bahan ajar adalah micrometer dengan skala ukuran standart yaitu yagn mempunyai skala atas, skala bawah dan skala thimble. Namun,  perlu kita ketahui bersama bahwa micrometer juga tersedia dengan bentuk pengukuran yang memiliki skala nonius. Kelebihan jenis micrometer ini adalah hasil pengukurannya menjadi lebih presisi.

Sebagai contoh, jika kita menggunakan micrometer jenis pengukuran yang standart maka kita hanya dapat memperoleh hasil pengukuran hanya 2 angka dibelakang koma. Contoh ( 7,78 ) , ( 10,90 ) , (4,34 ) dan lain – lain yang pada intinya hanya dapat menghasilkan 2 angka dibelakang koma. Untuk mengetahui cara membaca micrometer standart, saya telah mengulasnya pada artikel sebelumnya Cara Mudah Membaca Hasil Pengukuran Micrometer.

Read More

Nah, pada micrometer yang mempunyai skala nonius pada pengukurannya memiliki kemampuan ukur yang lebih detail dengan tingkat pembacaan 3 angka dibelakang koma. Sebagai contoh ( 7,783 ) , (  10,902 ) , ( 4,345 ) dan lain – lain. Hasil pengukuran ini tentunya lebih detail dibanding dengan micrometer dengan ukuran standart.

Dari segi bentuk dan jenisnya, micrometer ukuran standart dengan yang mempunyai skala nonius yaitu sama. Perbedaannya hanya pada skala yang terdapat outer sleeve, dimana skala bawah menjadi adalah gabungan antar skala atas dengan skala bawah ( pada micrometer standart ), sedangkan pada bagian atasnya adalah skala nonius. Untuk skala putar atau thimble yaitu sama atau tidak ada perbedaaan diantara kedua jenis micrometer ini.

 micrometer yang banyak digunakan atau sebagai bahan ajar adalah micrometer dengan skala u Cara Membaca Micrometer Yang  Dilengkapi Dengan Skala Nonius
Micrometer dengan skala standar
 micrometer yang banyak digunakan atau sebagai bahan ajar adalah micrometer dengan skala u Cara Membaca Micrometer Yang  Dilengkapi Dengan Skala Nonius
Micrometer dengan skala Nonius

Dari kedua gambar diatas anda sudah bisa membedakannya kan ? baiklah sekarang kita akan membahas bagaimana cara pengukurannya.

Rumus : Skala bawah + skala thimble + skala nonius

Contoh pembacaan


Dari hasil pembacaan diatas maka kita peroleh hasil sebagai berikut :

5,5 mm + 0,28 mm + 0,003 mm = 5,783 mm

Demikian penjelasan singkat mengenai pembacaan micrometer yang dilengkapi dengan skala nonius. Oh ya, jangan lupa sebelum menggunakan micrometer hal yang harus dilakukan adalah mengkalibrasinya agar hasil pembacaannya tidak meleset. Oleh karena itu tidak ada salahnya, kamu membaca bagaimana cara mengkalibrasi micrometer yang baik dan benar. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *