Cara Melepas Dan Memasang Cluth Release Cylinder ( Silinder Pembebas Kopling )

  • Whatsapp

Tekanan fluida yang berasal dari master silinder akan mengalir melalui pipa besi yang diteruskan ke cluth release cylinder ( silidner pembebas kopling ). Silinder pembebas kopling yang mendapatkan gaya tekan akan meneruskan tekanannya untuk mendorong release fork.

Secara mekanis, bentuk dari master cylinder dengan cluth release cylinder tidak berbeda jauh. Karena, kedua komponen ini rawan dari kerusakan. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran pada piston. Kebocoran yang terjadi pada piston akan mengakibatkan berkurangnya daya dorong sehingga kopling tidak akan bekerja dengan maksimal.

Read More

Release cylinder terletak dekat pada unit kopling dan  biasanya dibautkan pada rumah transmisi.  Melepas Release Cylinder dapat dilakukan dengan langkah–langkah  sebagai berikut :

(1)  Lepaskan pipa minyak dari release cylinder (tutup ujung pipa minyak supaya minyak tidak tumpah)
(2)  Lepaskan baut pengikat release cylinder
(3)  Lepaskan release cylinder dari dudukannya

(4)  Keluarkan piston release cylinder  dengan udara bertekanan

(5)  Lakukan pemeriksaan komponen  –  komponen yang sudah dibongkar, yang antara lain : diameter release  silinder, diamater piston, piston danseal dan pegas.
(6)  Lakukan penggantian jika ada komponen yang rusak.

Setelah pemeriksaan dan penggantian dilakukan maka release cylinder dapat dirakit kembali dengan
langkah kebalikan langkah pembongkaran, dengan sebelumnya pastikan semua komponen bersih dan pada  piston dan silinder diberi minyak sebagai pelumasan saat  memasang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *