Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

  • Whatsapp

Kedepan mobil – mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam ( internal combution ) akan semakin ditinggalkan. Banyak alasan yang menyebabkan mengapa mobil dengan mesin pembakaran dalam mulai dilupakana, penyebab pertama adalah isu pemanasan global yang kian lama bertambah buruk. Tentunya mobil listrik akan menjadi salah satu primadona transportasi kedepannya yang bakal gemilang.

Tak heran, hal ini juga diiyakan oleh seluruh produsen mobil di dunia yang sudah sangat lama mempersiapkan hal ini. Indonesia juga baru – baru iri membuka menerbitkan peraturan tentang mobil listrik yang mana ini akan membuka keran selebar – lebarnya kepada seluruh produsen mobil listrik untuk menjualnya ke negara kita.

Read More

Tentunya bagi sebagian orang akan beranggapan apakah mobil listrik akan se aman mobil pembakaran dalam ? apakah tidak takut terbakar atau tersengat listrik . Bukan hanya itu, apakah mobil listrik juga bisa berlari secepat mobil bensin ?

Dihimpun dari web learnenggineering.org, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana produsen mobil listrik terbaik didunia yaitu Tesla merancang produknya yang aman, efisien dalam pemakaian energi dan tentunya memiliki kecepatan yang tidak kalah dengan mobil – mobil bensin.

A. Motor Induksi

Motor listrik induksi yang ditanamkan pada  mobil Tesla adalah berasal dari penemuan yang dibuat oleh ilmuwan besar Nikola Tesla sekitar 100 tahun yang lalu. Motor induksi memiliki dua bagian utama yaitu  stator dan rotor.  Kalian  bisa  melihatnya  lebih detail konstruksi motor pada Gbr: 1A. Rotor hanyalah kumpulan batang penghantar yang dihubung pendek oleh cincin akhir. Input daya AC 3 fase diberikan ke stator.

Arus bolak-balik 3 fase dalam koil menghasilkan medan magnet berputar (Rotation Magnetic Field). Motor Tesla menghasilkan medan magnet 4-kutub. Medan magnet yang berputar ini kemudian menginduksi arus pada batang rotor untuk membuatnya berputar.  Dalam motor induksi, putaran rotor selalu tertinggal dari RMF. Motor induksi tidak memiliki sikat atau magnet permanen sehingga ini lebih kuat.

Kelebihan  motor induksi adalah  kecepatannya tergantung pada frekuensi catu daya A.C. Jadi hanya dengan memvariasikan frekuensi catu daya, kita akan dapat mengubah kecepatan roda penggerak. Fakta sederhana ini membuat kontrol kecepatan mobil listrik mudah dan dapat diandalkan. Suplai motor berasal dari konverter frekuensi, yang pada gilirannya mengontrol kecepatan motor. Kecepatan motor dapat berkisar dari 0 hingga 18.000 rpm.

Ini adalah keuntungan paling besar yang dimiliki mobil listrik jika dibandingkan dengan mobil pembakaran internal. Mesin dengan pembakaran internal menghasilkan torsi yang dapat digunakan dan output daya hanya dalam kisaran kecepatan terbatas. Ini bisa dilihat dari  grafik Gambar: 1B.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

Karena itu pada mesin Internal Combution (IC), menghubungkan langsung putaran mesin ke roda penggerak bukanlah ide yang cerdas. Itu harus membutuhkan transmisi yang berfungsi untuk memvariasikan kecepatan roda penggerak.

Di sisi lain, motor listrik induksi akan bekerja secara efisien dalam rentang kecepatan apa pun. Dengan demikian, tidak diperlukan transmisi yang bervariasi kecepatan untuk mobil listrik. Kelemahan lain mesin IC adalah tidak menghasilkan gerakan rotasi langsung. Gerakan linear piston harus dikonversi menjadi gerakan rotasi. Ini menyebabkan masalah besar dalam hal  penyeimbangan mekanis. Mengenai  output dayanya bahwa mesin  I.C. dayanya  tidak rata. Banyak komponen tambahan yang  dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ini. Oleh sebab itu, motor listrik lebih responsive dibanding motor IC.

B. Komponen Utama ( Baterai, Inverter dan Motor Induksi )

Jadi, darimana motor menerima tenaga? Itu berasal baterai. Baterai menghasilkan tegangan  DC ( Searah ), jadi sebelum menyuplainya ke motor, tegangan dari baterai harus dikonversi ke AC ( Bolak – balik ) melalui inverter. Perangkat elektronik daya ini juga mengontrol frekuensi daya AC, sehingga dapat mengontrol kecepatan motor. Selain itu, inverter bahkan dapat memvariasikan amplitudo daya AC, yang pada gilirannya akan mengontrol output daya motor. Dengan demikian, inverter bertindak sebagai pengatur kecepatan  mobil listrik.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

Sekarang coba kita bahas lebih mendetail mengenai ke baterai. Anda akan kagum dengan konsep yang dibuat oleh Tesla yang mana  mereka hanya kumpulan sel-sel Lithium-ion umum yang mirip dengan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari . Sel-sel terhubung dalam kombinasi rangkian seri dan paralel untuk menghasilkan daya yang diperlukan untuk menjalankan mobil listrik .

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model CPendingin glikol dilewatkan melalui tabung dalam sebuah  logam melalui celah antara sel. Ini adalah salah satu inovasi utama dari Tesla. Dengan menggunakan banyak sel kecil ternyata ini lebih efektif dalam hal pendinginan dibanding dengan beberapa sel besar. Ini meminimalkan hotspot termal dan bahkan distribusi suhu tercapai, yang mengarah ke masa pakai baterai yang lebih lama. Sel-sel disusun sebagai modul yang bisa dilepas. Ada 16 modul seperti itu dalam kemasan baterai yang terdiri dari sekitar 7000 sel.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

Glikol yang panas akan  didinginkan dengan melewati radiator, yang dipasang di bagian depan kendaraan. Selain itu, Anda dapat melihat bagaimana baterai dengan ketinggian rendah saat dipasang dekat dengan permukaan tanah akan menurunkan pusat gravitasi pada kendaraan kendaraan.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

Pusat gravitasi yang lebih rendah meningkatkan stabilitas mobil secara signifikan. Bentuk  baterai yang besar, bebannya akan tersebar merata di lantai, ini menawarkan kekakuan struktural terhadap benturan samping dan lebih kuat.

C. Mekanisme Transfer Daya ( Drive train )

Sekarang, mari kita kembali ke drive train Tesla. Tenaga yang dihasilkan oleh motor ditransfer ke roda penggerak melalui gear box ( transmisi ). Seperti dibahas sebelumnya, Tesla model S menggunakan transmisi kecepatan tunggal yang sederhana, mengapa ?  karena motor ini efisien dalam berbagai kondisi operasi. Anda dapat melihat bahwa kecepatan output dari motor berkurang dalam 2 langkah. Bahkan mencapai gigi mundur cukup mudah pada mobil listrik, cukup ubah urutan tegangan masuk pada motor. Satu-satunya tujuan transmisi di mobil listrik adalah pengurangan kecepatan dan perubahan torsi yang diinginkan.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

Komponen kedua di gearbox adalah diferensial. Berkurangnya kecepatan drive diteruskan ke sana.Anda dapat melihat ini adalah diferensial terbuka sederhana: namun, diferensial terbuka memiliki masalah kontrol traksi. Tapi, mengapa mobil canggih seperti itu menggunakan diferensial terbuka daripada diferensial slip terbatas? Jawabannya adalah diferensial terbuka lebih kasar dan dapat membawa lebih banyak torsi.


D. Menggunakan Difrensial Jenis Terbuka

Masalah kontrol traksi yang terjadi pada diferensial terbuka dapat diatasi secara efektif dengan bantuan 2 metode, pengereman selektif dan memotong daya dari mesin. Pada  mesin pembakaran internal daya dari mesin dapat dikurangi  dengan cara mengurangi suplay bahan bakar dan ini tidak begitu responsif. Namun, pada motor induksi, pengurangan daya dari motor induksi cukup responsif dan cara yang efektif untuk memperoleh kontrol traksi. Di Tesla, ini semua dapat dicapai menggunakan algoritma canggih dengan bantuan dari beberapa sensor dan pengontrol. Singkatnya, motor Tesla telah menggantikan sistem perangkat keras mekanik yang kompleks dengan perangkat lunak yang cerdas dan responsif.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C


E. Menggunakan Rem Regeneratif ( Ini Nilai Plusnya )

Pada artikel sebelumnya, kami pernah membahas teknologi ini yang berjudul Apa itu teknologi regeneratif rem ? dan bagaimana cara kerjanya. Jadi pada intinya, regeneratif rem berfungsi untuk merubah energi panas dari hasil pengereman menjadi tegangan listrik. Saat terjadi pengereman, maka tegangan akan tersuplai ke baterai. Hebatnya, saat teknologi aktif maka motor listrik juga bertindak sebagai generator.

 mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam  Cara Kerja Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui, Tesla Model C

Inverter memainkan peran penting di sini dalam menyesuaikan frekuensi daya input dan menjaga kecepatan putaran fiel coil ( RMF ) di bawah kecepatan rotor. Ini akan menghasilkan listrik dalam gulungan stator, yang jauh lebih tinggi dari listrik yang disediakan. Listrik yang dihasilkan kemudian dapat disimpan dalam baterai setelah di konversi.

Gaya elektromagnetik yang berlawanan bekerja pada rotor selama proses ini, sehingga roda penggerak dan mobil akan melambat. Dengan cara ini, kecepatan kendaraan dapat dikontrol secara akurat selama berkendara menggunakan pedal tunggal. Pedal rem dapat diterapkan untuk berhenti total.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, mobil listrik jauh lebih aman daripada mobil pembakaran internal. Biaya memelihara dan mengendarai mobil listrik jauh lebih rendah daripada mobil mesin I.C. Dengan berkurangnya  kelemahan pada  mobil listrik  melalui  teknologi yang ditingkatkan, mobil listrik akan  menjadi mobil masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *