Bagi Yang Belum Tahu, Ini Cara Membuka Kap Mesin Mobil

  • Whatsapp

Sepertinya kelihatan sepele ya, membuka kap mesin saja tidak bisa. Mungkin bagi sebagian orang yang dalam kesehariannya tidak luput dari mobil, membuka kap mesin adalah perkara yang sangat mudah bahkan dengan menutup matapun bisa dilakukan. 

Namun apa jadinya bagi orang – orang yang dalam kesehariannya tidak pernah bersentuhan dengan mobil atau orang – orang yang baru pertama membeli mobil. Ini bisa jadi masalah yang serius jika membuka kap mesin saja tidak bisa. 
Pada artikel ini saya akan coba untuk menjelaskan bagaimana cara membuka kap mesin yang benar. Bagi yang sudah bisa atau sering melakukannya, sepertinya anda harus segera meninggalkan artikel ini. 
Pada kondisi – kondisi darurat, membuka kap mesin dengan baik dan benar adalah sebuah keharusan yang dimiliki oleh setiap pengemudi. Seperti terjadi masalah pada mesin atau keluar asap secara tiba-tiba dari ruang mesin. Dengan membuka secara cepat, maka kita akan segera mengetahui permasalahan yang terjadi dan segera mengambil tindakan. 
Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi anda yang belum tahu cara membuka kap mesin, simak langkah – langkah berikut ini. 
1. Pastikan Mesin Mobil Anda Pada Posisi Netral / Mati
Sebagai langkah keaman terhadap kendaraan, maka membuka kap mesin pada kondisi mesin posisi Netral atau mati adalah sebuah keharusan. Dengan demikian, kita tidak perlu kwahatir akan hal – hal yang mengakibatkan kecelakaan atau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. 
2. JikaMemungkinkan, Tarik Rem Tangan 
Memang ini tidak sebuah keharusan, namun untuk mencegah mobil bergerak saat kita sedang membuka kap mesin. Maka mengaktifkan rem tangan adalah sebuah pilihan yang patut anda lakukan. 
3. Tarik Knop Kap Mesin
Hampir semua knop kap mesin berada pada bagian kabin depan sebelah kanan atau lebih tepatnya berada dibawah roda kemudi yang menempel pada bagian dinding mobil. Bentuknya bermacam – macam, ada yang berbentuk bulat, serti tuas dan lain – lain. Knop berfungsi untuk membuka pengunci 1 pada kap mesin. Cara pengoperasiannya pun sangat mudah, hanya dengan manariknya saja. Biasanya terbukanya pengunci 1 kap mesin akan ditandai dengan suara Klik pada bagian depan kap mesin. 

4. Tarik Pengunci 2 Kap Mesin

Rata-rata semua kap mesin mobil dilengkapi dengan 2 sistem penguncian. Sistem penguncian 1 dibuka dengan cara menarik knop kap mesin yang terdapat pada ruang kabin. Sedangkan, pengunci 2 hanya bisa dibuka dengan tangan kita. 
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, bahwa pengunci 2 kap mesin berfungsi untuk menahan kap mesin agar tidak langsung terbuka saat pengunci 1 dibuka. Cara membukanya pun sangat mudah, yaitu dengan memasukkan tangan kita diantara celah kap mesin yang sudah terbuka. Dan selanjutnya dengan cara menekannya keatas. 
Demikianlah tutorial cara membuka kap mesin yang baik dan benar. Dengan bisa melakukan hal ini dengan baik, maka kita tidak perlu kwahtir jika terjadi masalah pada ruang mesin untuk segera dapat mengambil tindakan. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *